Greysia Polii Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Selama Olimpiade

Greysia Polii Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Selama Olimpiade

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 12:41 WIB
Jakarta -

Twitter turut menjadi salah satu media sosial yang digunakan penggemar olahraga di Indonesia untuk meramaikan Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini terlihat dari lima juta cuitan tentang Olimpiade Tokyo 2020 yang diunggah pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Menariknya, dua juta cuitan di antaranya diunggah saat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas di cabang olahraga bulutangkis nomor ganda putri. Lonjakan cuitan saat kemenangan Greysia/Apriyani terlihat dalam visualisasi yang dirilis oleh Twitter.

Twitter Olimpiade Tokyo 2020Twitter Olimpiade Tokyo 2020 Foto: dok. Twitter

Twitter juga mengumpulkan data tentang hal-hal yang ramai dibicarakan selama Olimpiade Tokyo 2020, baik secara global maupun nasional, seperti atlet yang paling ramai dibicarakan, tagar yang paling banyak digunakan, hingga cuitan yang paling populer.

Dalam rilis Twitter yang diterima detikINET, Selasa (10/8/2021) Twitter mengungkap daftar 10 atlet yang paling banyak dibicarakan di Indonesia selama Olimpiade Tokyo 2020. Tidak mengherankan jika posisi satu dan dua diisi oleh Greysia dan Apriyani.

Twitter Olimpiade Tokyo 2020Twitter Olimpiade Tokyo 2020 Foto: dok. Twitter

Daftar ini didominasi oleh atlet bulutangkis seperti Anthony Ginting, Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon. Tapi ada juga dua atlet angkat beban, yaitu Nurul Akmal dan Windy Cantika Aisah, yang masuk ke dalam daftar 10 besar.

Nama Greysia juga masuk dalam lima besar atlet yang paling banyak dibicarakan di Twitter global. Namanya bersanding dengan atlet-atlet inspiratif dari negara lain seperti Rayssa Leal (skateboard, Brasil) dan Simone Biles (senam, Amerika Serikat).

Twitter Olimpiade Tokyo 2020Twitter Olimpiade Tokyo 2020 Foto: dok. Twitter

Selama gelaran Olimpiade Tokyo 2020, beberapa tagar yang paling banyak digunakan di Indonesia antara lain #Tokyo2020, #INA, dan #GreyApFinalTokyo2020. Emoji raket bulutangkis, medali emas, dan medali perunggu juga menjadi emoji yang paling banyak digunakan untuk menghias cuitan dukungan dari netizen.

Twitter Olimpiade Tokyo 2020Twitter Olimpiade Tokyo 2020 Foto: dok. Twitter

Cuitan dari akun @Olympics yang memberikan ucapan selamat untuk Greysia dan Apriyani menjadi cuitan yang paling banyak disukai, di-retweet dan paling banyak mendapatkan balasan di Indonesia selama periode Olimpiade Tokyo 2020.

Kemenangan Greysia dan Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020 memang langsung menghebohkan media sosial. Sebelumnya, Facebook mengungkap bahwa keduanya merupakan atlet yang paling banyak dibicarakan di Indonesia, dan masuk lima besar di dunia.

Keberhasilan keduanya juga mendongkrak jumlah followers Greysia dan Apriyani di Instagram. Berdasarkan data Instagram, dalam 24 jam setelah kemenangannya Greysia mendapatkan 418.427 followers baru (naik 87,2%) dan Apriyani mendapatkan 342.417 followers baru (naik 146,92%).

(vmp/fay)