Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Hampir Rp 5 Miliar

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Hampir Rp 5 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 02 Agu 2021 14:48 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 27: Apple Inc. CEO Steve Jobs holds up the new iPad as he speaks during an Apple Special Event at Yerba Buena Center for the Arts January 27, 2010 in San Francisco, California. Apple introduced its latest creation, the iPad, a mobile tablet browsing device that is a cross between the iPhone and a MacBook laptop. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Hampir Rp 5 Miliar Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Belum lama ini surat lamaran kerja milik Steve Jobs yang langka dilelang dalam dua versi, yaitu versi fisik dan versi digital yang dijual sebagai non-fungible token (NFT). Lelang tersebut kini telah berakhir dan surat lamaran itu terjual dengan harga yang fantastis.

Versi fisik yang dilelang adalah surat lamaran kerja yang diisi dan ditandatangani oleh Jobs pada tahun 1973. Dokumen ini dilelang lewat situs Snoofa dan terjual dengan harga USD 343.000 atau hampir Rp 5 miliar, seperti dikutip dari Apple Insider, Senin (2/8/2021).

Sedangkan versi NFT-nya laku dengan harga 12 Ethereum atau sekitar USD 23.000 (Rp 332 juta) setelah dilelang lewat situs Rarible. Penyelenggara lelang ini, Olly Joshi, mengatakan surat lamaran ini dilelang dalam bentuk NFT sebagai eksperimen untuk membandingkan lelang fisik dan NFT.

Mengingat harga jual versi fisik yang lebih tinggi, sepertinya penggemar Steve Jobs masih mencari untuk memorabilia versi fisik. Kalau membeli lewat NFT, pemenang lelang hanya akan mendapatkan 'sertifikat' digital yang menyatakan bahwa mereka adalah pemilik barang tersebut.

Surat lamaran kerja milik Jobs sendiri sudah beberapa kali dilelang sebelumnya. Surat ini pernah dilelang pada tahun 2018 dan terjual dengan harga USD 175.000, dan kemudian dilelang kembali pada Maret 2021 dengan harga USD 223.000.

Tidak banyak informasi yang diketahui soal surat lamaran pendiri Apple ini. Jobs mengisi surat lamaran ini saat berusia 18 tahun dan mengenyam pendidikan di Reed College.

Steve JobsSteve Jobs Foto: istimewa

Dalam surat lamaran itu tertulis bahwa Jobs mahir menggunakan komputer dan kalkulator, serta memahami teknologi dan desain. Jobs kemudian mundur dari Reed College setelah enam bulan, tapi masih mengikuti beberapa kelas selama satu setengah tahun.

Memorabilia Jobs dan perangkat Apple generasi awal memang selalu terjual dengan harga yang fantastis dalam lelang. Misalnya, komputer pertama mereka, Apple-1, pernah terjual dengan harga USD 1 juta pada tahun 2014.



Simak Video "Wujud Surat Lamaran Kerja Steve Jobs yang Laku Hampir Rp 5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)