WhatsApp Mudahkan Transfer Chat dari iPhone ke Android

WhatsApp Mudahkan Transfer Chat dari iPhone ke Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 06:45 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg
Jakarta -

WhatsApp tengah mengembangkan cara agar penggunanya bisa memindahkan history percakapan mereka dari iPhone ke Android.

Fitur ini ditemukan oleh WABetaInfo dan 9to5Google, yang jika benar, bakal membuat penggunanya bisa pindah dari iOS ke Android tanpa harus kehilangan history percakapannya.

Saat ini, fitur semacam itu tidak ada di WhatsApp, jadi pengguna tidak bisa memindahkan percakapannya dari iPhone ke Android. Memang ada penyedia layanan pihak ketiga yang mengaku menawarkan layanan sejenis, namun tingkat keberhasilannya masih diragukan.

Fitur tersebut kemungkinan belum ada karena layanan penyimpanan cloud yang dipakai untuk menyimpan data percakapan berbeda antara iPhone dan Android. Yaitu iCloud di iPhone dan Google Drive di Android.

WhatsApp sendiri disebut sudah mengembangkan fitur ini sejak April lalu, namun sampai saat ini belum juga dirilis ke publik. Namun WABetaInfo baru-baru ini menemukan opsi 'Move chats to Android' dalam aplikasi WhatsApp di iOS.

Lalu dalam gambar yang lain menunjukkan aplikasi WhatsApp di iPhone dalam keadaan mengirimkan data ke WhatsApp di Android, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (29/7/2021).



Fitur baru ini kabarnya adalah bagian dari aplikasi 'Switch to Android' yang dikembangkan Google untuk perangkat iOS. Serupa dengan aplikasi 'Move to iOS' yang dibuat Apple untuk membantu pengguna Android yang ingin pindah dari Android ke iOS.



Menurut XDA Developers, fitur transfer chat WhatsApp itu mungkin akan terintegrasi dengan aplikasi Google tersebut, karena adanya referensi terhadap fitur tersebut dalam aplikasi 'Switch to Android'.

Sebelumnya WhatsApp juga mengembangkan fitur baru bernama multi device yang membuat pengguna bisa login ke WhatsApp web di PC atau laptop tanpa perlu menghubungkan ponselnya ke internet. Sebelumnya, WhatsApp web hanya bisa berfungsi jika ponsel penggunanya terus terhubung ke internet.

Nah, kini WhatsApp menghapus persyaratan tersebut dan mengembangkan alur data baru untuk platform pengiriman pesan tersebut. Will Cathcart, bos WhatsApp menjelaskan alur data ini lewat kicauannya di Twitter.

Menurut Cathcart, meski ponsel tak perlu diaktifkan dan terhubung ke internet, alur data WhatsApp web ini tetap terlindungi sistem end to end encryption yang selalu dibanggakan oleh WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)