Jeff Bezos ke Luar Angkasa, Pegawai Kerja Keras Bagai Kuda

Jeff Bezos ke Luar Angkasa, Pegawai Kerja Keras Bagai Kuda

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 13:45 WIB
Harta Jeff Bezos
Jeff Bezos (Foto: The Richest)
Jakarta -

Pendiri Amazon, Jeff Bezos baru pulang dari luar angkasa. Rupanya ada korban dari ambisi orang terkaya di dunia itu.

Jeff Bezos bisa keluar angkasa dengan roket New Sheppard dari perusahaan Blue Origin miliknya sendiri. Uang bukan masalah untuk dia. Hartanya Rp 1.090 triliun dan pendapatannya Rp 2,07 juta per menit. Bukan main!

Tapi di balik kisah sukses itu, ada sisi gelap yang orang lain jarang tahu. Jeff Bezos dituding bisa kaya raya dengan memaksa pegawainya kerja keras bagai kuda.

Kisah miring itu keluar dari mulut para pegawai Amazon seperti dilansir News.com Australia, yang dilihat Rabu (21/7/2021). Salah satunya kisah nyata Patty Hernandez (23) yang bekerja sebagai pengemas paket Amazon di California, AS.

Patty dalam kondisi hamil muda dan diminta dokter kandungan bekerja lebih ringan demi janin dalam kandungannya. Pekerjaannya adalah mengangkat paket 22 kg dari conveyor belt selama 10 jam sehari.

Permintaan Patty ditolak manajernya dan tetap dipaksa kerja keras. Akibatnya pada Oktober 2020, Patty mengalami keguguran. Kasusnya ramai diangkat media, namun Amazon bergeming.

Setelah itu ramai bermunculan cerita betapa para karyawan Amazon dipaksa bekerja keras. Bahkan untuk izin ke toilet pun tidak boleh, sehingga banyak pegawai gudang Amazon kencing di botol air mineral, supaya tidak usah ke toilet. Toilet pun jauh letaknya di gudang besar.

Target kerjanya juga keterlaluan. Guardian pada Februari 2020 memberitakan protes para pegawai Amazon yang ditargetkan memeriksa 30 paket/menit. Ini artinya 1 paket setiap 2 detik. Sungguh gila!

Seminggu setelah kejadian Patty Hernandez, Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS menemukan 4.000 pegawai Amazon di seluruh Amerika mengandalkan hidup dari bantuan sosial yang disebut food stamps. 70% dari 4.000 pegawai tersebut adalah pegawai tetap Amazon.

Bulan Juni 2021, kantor pajak Amerika mengungkapkan kalau Jeff Bezos tidak bayar pajak tahun 2007 dan 2011. Malahan, dia pernah mengajukan potongan pajak USD 4.000 untuk rumah tangga berpenghasilan kurang dari USD 100.000/tahun.

Ketika Jeff Bezos membanggakan perjalanan ke luar angkasa, semoga dia ingat nasib ribuan karyawan Amazon yang kerja keras sampai jungkir balik.



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)