TikTok Resumes, Cara Baru Lamar Pekerjaan Pakai Video Singkat

TikTok Resumes, Cara Baru Lamar Pekerjaan Pakai Video Singkat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 08 Jul 2021 19:15 WIB
BERLIN, GERMANY - SEPTEMBER 21: A young man holding a smartphone casts a shadow as he walks past an advertisement for social media company TikTok on September 21, 2020 in Berlin, Germany. U.S. President Donald Trump has given preliminary approval for Oracle, Walmart and other investors to take over TikTok and create a new U.S.-based company called TikTok Global. (Photo by Sean Gallup/Getty Images)
Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

TikTok tengah menguji program baru yang membuat penggunanya bisa melamar pekerjaan menggunakan platform video singkat tersebut.

Program tersebut bernama TikTok Resumes dan bisa dipakai untuk melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Amerika Serikat seperti Chipotle, Target, dan Shopify. Secara total ada lebih dari 30 perusahaan yang menerima lamaran dari fitur uji coba ini.

Untuk memanfaatkan program ini, pengguna harus membuat sebuah video resume, mempostingnya di TikTok dan mengirimkan video tersebut ke perusahaan tempat ia melamar melalui aplikasi.

Dalam video instruksi yang dibuat TikTok, pelamar disarankan untuk tidak menyertakan data pribadi seperti alamat email dalam video yang akan dibagikan ke publik tersebut.

Sejauh ini jenis lowongan yang tersedia kebanyakan adalah untuk posisi pembuat konten di TikTok. Tampaknya semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan layanannya.

Contohnya Alo Yoga yang mencari social media manager menggunakan TikTok Resumes. Kandidat yang dicari itu nantinya akan mengurus strategi konten perusahaan yang akan diposting di TikTok, juga berhubungan dengan para influencer.

Namun ada juga lowongan di sektor lain, seperti yang dibuka oleh Target, Chipotle, Sweetgreen, dan Great Clips. Mereka memanfaatkan TikTok Resumes untuk mencari pegawai toko dan gudang. Ada juga Shopify yang mencari senior data engineer lewat program tersebut.

Meski TikTok Resumes ini hanya program sementara, lewat program ini TikTok menunjukkan kegunaan platform mereka untuk keperluan di luar sekadar berbagi video singkat yang lucu dan unik.

Bagi perusahaan pun, program TikTok ini tampaknya bisa menjadi cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhan pegawai dari kalangan Gen Z, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (8/7/2021).



Simak Video "Geger Seleb TikTok Gelar Pesta Ultah di Bekasi Berujung Disidang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)