Cara Download dan Cetak Sertifikat Vaksin COVID-19 dari PeduliLindungi

Cara Download dan Cetak Sertifikat Vaksin COVID-19 dari PeduliLindungi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 08 Jul 2021 13:25 WIB
PeduliLindungi
Foto: Dok. PeduliLindungi
Jakarta -

Masyarakat yang sudah mendapat vaksin COVID-19 bisa mengecek, men-download dan mencetak sertifikat vaksin COVID-19 dari berbagai sumber, termasuk dari aplikasi PeduliLindungi.

Sertifikat vaksin adalah dokumen yang menunjukkan status vaksinasi seseorang, termasuk vaksin yang digunakan, tanggal vaksinasi, jumlah suntikan yang sudah diterima (suntikan pertama dan suntikan kedua), dan tentunya nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikat, dan QR code.

Data-data pribadi yang disertakan dalam sertifikat ini juga membuat sertifikat ini akan berbahaya jika disebar ke publik, seperti lewat media sosial. Menkominfo Johnny G. Plate pernah mewanti-wanti masyarakat untuk tak menyebar sertifikat digital ini ke publik.

Download sertifikat vaksin COVID-19 lewat SMS

Setelah mendapat suntikan vaksin, pengguna seharusnya akan mendapat SMS berisi tautan untuk mengakses sertifikat tersebut. Setelah tautan itu dibuka maka akan muncul sertifikat vaksin yang dimaksud.

Cara men-download sertifikat ini bermacam-macam, tergantung model ponsel yang dipakai. Namun cara yang paling umum adalah menekan lama gambar sertifikat tersebut sampai muncul opsi untuk menyimpan gambar tersebut ke storage ponsel.

Untuk mencetak sertifikat ini langsung dari ponsel, caranya juga dengan menekan lama gambar sertifikat lalu pilih opsi 'share' dan pilih 'print' dari opsi tersebut.

Cara melihat sertifikat vaksin COVID-19 lewat situs PeduliLindungi

Sertifikat vaksin juga bisa diakses lewat situs resmi PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/. Di situs itu anda bisa mengecek status vaksin dengan memasukkan nama lengkap dan NIK, serta mencentang box captcha di sebelahnya dan mengklik tombol 'periksa'. dari situ

Namun untuk mengunduh sertifikat, anda perlu login lewat menu yang ada di bagian kanan atas. Login dilakukan dengan memasukkan nomor ponsel dan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang dimaksud.

Setelah login, anda bisa masuk ke menu yang diakses dengan mengklik nama pengguna dan memilih 'Sertifikat Vaksin'. Status vaksinasi pun bisa dilihat pada menu 'Riwayat & Tiket Vaksin'.

Setelah membuka menu 'Sertifikat Vaksin' dan memilih sertifikat yang diinginkan, akan muncul opsi untuk mengunduh sertifikat tersebut.

Cara melihat sertifikat vaksin COVID-19 lewat aplikasi PeduliLindungi

Cara melihat sertifikat vaksin COVID-19 lewat aplikasi PeduliLindungi relatif mudah dan kurang lebih sama dengan lewat situs PeduliLindungi. Setelah menginstal aplikasi yang dimaksud, pengguna tinggal login memakai nomor telepon dan menunggul kode OTP dikirimkan lewat SMS.

Untuk membuka sertifikat vaksin, anda tinggal mengklik tombol menu 'Akun' pada bagian kanan atas dan memilih 'Sertifikat Vaksin'. Setelahnya akan muncul opsi sertifikat pertama dan kedua, yang jika dipilih akan memunculkan opsi 'Unduh Sertifikat'.



Simak Video " Anies Buka Opsi Semua Kegiatan di Jakarta Pakai Syarat Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)