Sandiaga Puji GoFood Terapkan Prokes ke Merchant

Sandiaga Puji GoFood Terapkan Prokes ke Merchant

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 05 Jul 2021 19:20 WIB
Dodi
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Gojek melalui GoFood bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) memberikan pembekalan terhadap ribuan mitra dalam program rutin komunitas partner GoFood (KOMPAG), Temu KOMPAG Akbar, Jumat (2/7). Adapun materi yang diberikan mulai dari strategi jualan kuliner hingga pentingnya implementasi protokol kesehatan (prokes) ketat guna menjaga kepercayaan pelanggan.

Upaya GoFood dalam memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi konsumen di tengah pandemi dengan menerapkan prokes ketat mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Pada kesempatan tersebut, ia juga mendorong seluruh pelaku ekonomi kreatif agar terus berinovasi dan beradaptasi.

"Kami sangat mengapresiasi platform GoFood yang memiliki inisiatif sejalan, sehingga UMKM kuliner diharapkan bisa memberikan layanan yang aman dan nyaman, serta mampu makin bertumbuh di tengah pandemi," kata Sandi dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Ia juga mengatakan untuk mendukung pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf telah mempromosikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), untuk mendukung produk lokal dalam negeri. Pihaknya juga mendorong protokol kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen UMKM.

"Guna mendukung pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) lokal, kami juga terus menggaungkan semangat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia serta sertifikasi protokol kesehatan CHSE - Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability sebagai panduan standar protokol kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di masa pandemi ini," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Chief Public Policy & Government Relations Gojek, Shinto Nugroho mengatakan, pembekalan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan peran GoFood sebagai rekan pertumbuhan usaha (growth partner) para mitra UMKM kuliner.

Shinto mengatakan pihaknya terus mendukung upaya Kemenparekraf. Salah satunya dengan mengimbau dan memberikan edukasi terkait penerapan protokol kesehatan (prokes). Hal ini sejalan dengan program sertifikasi protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) yang menjadi panduan standar protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

GojekGojek Foto: dok. Gojek

"Sejak awal pandemi, kami telah berkolaborasi dan mendukung langkah-langkah Kemenparekraf terkait dengan dukungan pelaku parekraf selama pandemi, salah satunya edukasi dan sosialisasi mengenai program sertifikasi CHSE," katanya.

Dia menilai standar prokes yang baik diperlukan, terutama dalam mengembangkan skala usaha mitra UMKM GoFood. Sekaligus mengembalikan kepercayaan konsumen terhadap industri kuliner di masa pandemi.

"Ini penting, karena di GoFood kami ingin terus berperan menjadi layanan pesan-antar makanan yang tidak hanya berkomitmen menumbuh kembangkan skala usaha mitra kami, namun juga membantu memastikan kepercayaan pelanggan terhadap pelaku parekraf kuliner dari mitra UMKM yang telah mengimplementasi protokol kesehatan ketat. Kami juga percaya komunitas seperti KOMPAG ini menjadi wadah komunikasi yang positif dan bermanfaat bagi usaha kuliner untuk saling berbagi terkait dengan tips berusaha," ujarnya.

Di samping itu, Shinto menyebut GoFood juga terus berupaya dalam mendorong penerapan #ProteksiEkstra di kalangan mitra usaha. Adapun dukungan yang diberikan, di antaranya melalui distribusi aset digital penunjang protokol kesehatan di setiap pesanan kuliner, seperti safety seal atau selotip pengaman. GoFood juga memberikan visibilitas khusus lewat aplikasi bagi restoran yang memenuhi 3 dari 6 syarat restoran dengan prokes ketat di bawah kategori 'Protokol Kesehatan Ketat', serta visibilitas bagi restoran yang telah memiliki sertifikasi CHSE di bawah kategori 'Jajanan Aman dan Hemat'.

Shinto mengungkapkan, GoFood juga telah memfasilitasi program vaksinasi bagi ribuan mitra usaha di daerah DKI Jakarta dan Batam, yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk sentra vaksinasi di DKI Jakarta, serta membagikan care kits bagi mitra usaha GoFood yang telah mendapatkan vaksin.



Simak Video "Wisata RI Disanjung Forum Dunia, Sandiaga Sampaikan 2 Pesan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)