Netizen Terbelah Dua, Debat Arti Kepo di Twitter

Netizen Terbelah Dua, Debat Arti Kepo di Twitter

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 27 Jun 2021 21:37 WIB
Womens hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.
Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa
Jakarta -

Jagat dunia media sosial (medsos) Twitter sempat dihebohkan perdebatan netizen terkait arti kepo.

Akun @Muhkhoerul misalnya, mengaku kalau kepo itu muncul dari asal sebut saja. Tahunya ada kepanjangan bahasa Inggris menurutnya.

Pernyataan itu kemudian diamini oleh @menghantu yang mengungkapkan bahwa ia juga baru akan hal tersebut.




Tapi tidak kata akun @ngupilah. Ia berpendapat, berdasarkan informasi yang diperoleh, kepo berasal dari bahasa slang Singapura.

"Eh tapi pernah juga lihat video orang ngajarin bahasa slang di Singapura, ada kata kaypoh artinya pengen tau aja. Apakah kepo itu sari kepanjangan atau dari satu kata aja?"

Perdebatan arti kepo tersebut diduga bermula dari sebuah baliho dan videotron yang menyuguhkan sebuah teka-teki di sejumlah kota besar.

Di baliho tersebut menampilkan satu kalimat tanya ukuran jumbo tentang "Apa kepanjangan dari Kepo". Tepat di bawah tulisan tersebut, terpampang QR Code.

Berdasarkan hasil penelusuran, QR Code itu mengarah ke situs mulaidariamanasaja.com. Tidak banyak informasi di laman ini, hanya disebutkan ini merupakan proyek eksperimen sosial yang sedang berlangsung.

Situs tersebut justru memberikan pilihan ganda, kepo yang berarti Kaypoh atau kepanjangan dari Knowing Every Particular Object.

Dari situs yang sama disebutkan, netizen juga bisa mengerjakan kuis berupa trivia layakannya di baliho. Hanya saja, belum ada penjelasan tentang jawaban yang benar dan salah.

Pendiri dan Direktur Narabahasa, Ivan Lanin dalam halaman wordpress miliknya menjelaskan arti kepo. Menurutnya, kepo bukan serapan dari bahasa Inggris.

"Penjelasan tentang asal kata kepo beragam, tetapi sebagian besar megnatakan bahwa kata ini berasal dari bahasa atau dialek Hokkian atau Min Nan," ungkapnya.

Kalau menurut detikers bagaimana, apa arti Kepo sesungguhnya?



Simak Video "Sengketa Lahan, Emak-emak di Jakbar Usir Preman Pakai Panci-Perabot"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)