Melihat Kegeniusan Mendiang John McAfee Bikin Antivirus

Melihat Kegeniusan Mendiang John McAfee Bikin Antivirus

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 26 Jun 2021 21:15 WIB
John McAfee
John McAfee. Foto: AP/Ng Han Guan
Jakarta -

Mendiang John McAfee, yang bunuh diri di penjara Spanyol, mungkin belakangan lebih terkenal karena kontroversinya. Namun kontribusinya di jagat antivirus sangat besar.

McAfee yang mendirikan perusahaan antivirus dengan namanya ini, bekerja di banyak perusahaan prestisius seperti NASA dan Xerox, sebelum membangun perusahaannya di tahun 1987. Kala itu, virus komputer pertama mulai menyeruak.

"Dari sudut pandang sekuriti, dia membuat antivirus pertama yang bisa memindai banyak virus dalam sekali jalan," kata profesor dari New York University, Justin Cappos.

Sebelum software antivirus McAfee diciptakan, virus komputer dijerat satu per satu. Seseorang harus menginstal program A untuk mengendalikan virus A, dan membuat program B untuk meringkus virus B. Nah, McAfee berhasil membuat inovasi di mana banyak virus bisa dikendalikan sekaligus.

Karena inovasi itulah, John McAfee menjadi besar dan mengalahkan rival semacam Norton. McAfee menjadi andalan banyak orang untuk menangkal virus komputer.

"Pada saat produk mereka keluar, penting untuk punya antivirus karena tidak ada produk itu di Windows," kata Cappos. Saat ini, Windows sudah punya pertahanan sendiri dengan nama Windows Defender yang sudah ada langsung di aplikasinya.

"Internet baru saja saja muncul, komputer baru mulai terkoneksi satu sama lain, maka virus pun mulai banyak bertebaran," kata Cappos yang dikutip detikINET dari Yahoo Finance.

McAfee pensiun dari perusahaannya pada tahun 1994. Namun McAfee terus diandalkan sampai kemudian diakuisisi oleh Intel seharga USD 7,68 miliar pada tahun 2010.

Semenjak pensiun itulah, John McAfee banyak bertualang dan juga bikin kontroversi. Dia beberapa kali berurusan dengan hukum, sampai akhirnya bunuh diri di penjara Spanyol usai pengadilan setuju ia diekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan penggelapan pajak. Namun di luar urusan-urusan itu, tetap saja jasa McAfee di dunia antivirus menjulang tinggi.



Simak Video "John McAfee Meninggal, Berikut Perjalanan Hidup Sang Ikon Antivirus"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)