Grab Ikutan Bikin Poster Seperti UI yang Viral

Grab Ikutan Bikin Poster Seperti UI yang Viral

Tim - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 17:45 WIB
Poster UI (Dok. Twitter UI)
Foto: Poster UI (Dok. Twitter UI)
Jakarta -

Sejak kemarin (15/6) hingga saat ini linimasa Twitter masih ramai bahas tren 'sekelas ui'. Penyebabnya, poster penyambutan mahasiswa baru dari Universitas Indonesia (UI) yang dinilai tak menggambarkan anak kuliahan dan justru seperti ala-ala sinetron.

Dalam postingan yang diunggah akun Twitter resmi UI, poster tersebut menampilkan wajah 8 mahasiswa UI dengan latar belakang awan dan cahaya dari langit.

Font atau jenis huruf di poster tersebut juga terkesan tidak lazim bagi sebagian pengguna Twitter, ada yang menyebutnya mirip meme atau mim.

"Selamat datang mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021," demikian tulisan di poster tersebut.

Tak pelak banyak netizen yang turut mengejek bahkan ada yang membuat plesetannya dengan mengganti tulisannya, salah satunya dari akun resmi Grab layanan transportasi online ini juga turut menggungah postingan poster mirip buatan UI.

"Mari bergabung menjadi admin Twitter Grab Indonesia!" tulis Grab

Kepala Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, menyebut desain poster berujung viral 'sekelas UI' ini memang disengaja. Poster itu disebut sudah dipikirkan dengan matang.

"Ini memang sudah kami rencanakan cukup lama ya, jadi sudah dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Kami juga bikin riset," ujar Amelita saat dihubungi detikcom.

Amelita menyebut UI sudah punya satu pakem atau template poster. Namun, ada anggapan bahwa poster tersebut begitu-begitu saja alias mainstream. Terlebih, karakter mahasiswa sekarang dinilai tidak lagi serupa 4-5 tahun lalu.

"Karena ini kami masukkannya di social media UI di mana mahasiswa dengan karakteristik sendiri, kami kan ingin mereka juga tertarik, kita menyambut mereka dengan baik," ujar Amelita.

Pemilihan elemen grafis dalam poster yang disebut mirip sinetron juga disebut Amelita disengaja. Tujuannya tak lain adalah menggaet atensi masyarakat. UI ingin keluar dari pakem poster yang begitu-begitu saja.



Simak Video "Naik Grab Sambil Nabung untuk Tanam Pohon Lewat Fitur Baru Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)