Kolaborasi Gojek-Tokopedia: Driver Nikmati Peningkatan Order

Kolaborasi Gojek-Tokopedia: Driver Nikmati Peningkatan Order

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Jumat, 04 Jun 2021 22:29 WIB
Gojek
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Kombinasi dua unicorn Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo dinilai akan mendorong ekosistem e-Commerce di Tanah Air. Menurut Head of Business Logistics Gojek Steven Halim, kolaborasi ini akan memberikan peluang bisnis seluas-luasnya kepada para pelaku usaha di Indonesia, khususnya para mitra pelaku UMKM.

Selain itu, dampak kolaborasi ini juga dapat menambah peluang penghasilan tambahan bagi mitra driver melalui peningkatan order pengantaran barang. Kedua perusahaan pun bekerja sama menghadirkan ragam penawaran menarik untuk pengiriman dengan memanfaatkan momentum lain seperti Hari Bangga Buatan Indonesia dan Waktu Indonesia Belanja Kolaborasi Anak Bangsa yang baru-baru ini berlangsung. Bahkan, sepanjang Ramadan, GoSend dan Tokopedia menawarkan kemudahan pengiriman parsel, khusus bagi para pengguna kedua layanan.

"Inisiatif-inisiatif tersebut merupakan kelanjutan kolaborasi yang sebelumnya telah dijalankan oleh Gojek dan Tokopedia. Dengan mendorong penggunaan layanan GoSend di Tokopedia yang menghasilkan peningkatan setinggi 42% dibanding tahun sebelumnya, kami tidak sabar menantikan kolaborasi-kolaborasi berikutnya di masa mendatang. Peningkatan penggunaan layanan GoSend tersebut pun dapat dirasakan manfaatnya secara langsung tidak hanya oleh para mitra pelaku UMKM, tetapi juga mitra driver kami," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

Sejalan dengan fokus utama Gojek untuk memberdayakan para pekerja sektor informal, termasuk para pelaku UMKM dan mitra driver, GoSend tidak berhenti mengupayakan inovasi dan kolaborasi berkelanjutan dalam memberikan solusi kemudahan layanan pengiriman.

Lebih lanjut Steven menjelaskan GoSend terus meningkatkan standar layanan yang lebih baik melalui program-program pemasaran, pengembangan teknologi dan inisiatif lainnya untuk meningkatkan jumlah permintaan pelanggan. Beberapa inovasi fitur aplikasi yang diluncurkan seperti sharing live tracking, unggah bukti penjemputan dan pengiriman serta perbaikan dalam proses pembatalan order.

Khusus bagi para mitra driver, selain berkomitmen untuk menambah peluang penghasilan tambahan melalui upaya peningkatan order, GoSend juga meluncurkan program apresiasi bagi para mitra untuk mendorong mereka dalam berkinerja.

"Kami menghargai semangat para mitra yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan bahkan di masa pandemi yang penuh tantangan ini. Melalui program apresiasi Mitra Teladan, mitra GoSend Sameday dengan kinerja terbaik berhak mendapatkan hadiah berupa voucher sembako dan smartphone setiap bulannya, serta hadiah utama berupa sepeda motor."

Memberdayakan Pekerja Sektor Informal

Sebagai bagian dari Gojek, lanjutnya, GoSend mendorong para mitra driver untuk memanfaatkan fleksibilitas yang tinggi atas pekerjaannya, dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mereka untuk memperoleh tambahan pendapatan. Pada saat yang bersamaan juga mengurangi beban pengeluaran sehari-hari melalui berbagai program yang manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya oleh mitra, namun juga keluarga.

Dukungan tersebut terwujud melalui program manfaat khusus bagi mitra driver, yaitu Program Swadaya. Berbagai inisiatif dalam program Swadaya yang dapat meringankan biaya operasional mitra sehari-hari antara lain berupa paket pulsa dengan harga khusus, voucher bahan bakar, voucher belanja kebutuhan sehari-hari, serta proteksi tambahan baik asuransi maupun program jaminan sosial.

"GoSend tetap dan terus memberikan perlindungan bagi seluruh mitra driver termasuk melalui program asuransi perjalanan, jaminan sosial dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan, fitur tombol darurat, layanan pertolongan pertama 24 jam bagi kondisi gawat darurat serta santunan kepada mitra yang mengalami kecelakaan baik dalam melakukan kegiatan pengiriman maupun tidak," tambah Steven.

Selain itu, sebagai penyedia layanan di garda terdepan urat nadi logistik nasional yang menjadi penyedia layanan transportasi serta pengiriman barang dan makanan sehari-hari bagi masyarakat, mitra driver Gojek turut mendapatkan vaksinasi agar semakin aman dalam bekerja.

Berbagai upaya ini Gojek lakukan secara berkelanjutan tersebut merupakan wujud komitmen jangka panjang Gojek untuk hadir memberdayakan pekerja sektor informal serta memberikan dampak sosial yang luas bagi masyarakat. Steven menegaskan layanan logistik akan terus menjadi salah satu prioritas utama bagi Gojek dalam mempermudah keseharian para pengguna dengan menghadirkan solusi pengiriman barang yang cepat, mudah, dan aman.



Simak Video "5 Fakta Merger Gojek dan Tokopedia yang Lahirkan GoTo"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)