Tidak Suka Jumlah Like Hilang? Ini Kata Instagram

Tidak Suka Jumlah Like Hilang? Ini Kata Instagram

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 16:32 WIB
Sembunyikan Like Instagram
Foto: Instagram
Jakarta -

Keputusan Instagram untuk menawarkan opsi menyembunyikan like memunculkan kontroversi. Sebagian pengguna tidak menyukai ide ini.

Protes keras terutama muncul dari kalangan selebgram, influencer, dan brand. Bagi mereka, jumlah like tak sekadar hiasan visual menggembirakan, tapi bisa menjadi daya tawar dan 'jualan'.

Berupaya menenangkan kekhawatiran ini, Instagram mengingatkan bahwa fungsi menyembunyikan jumlah like bersifat opsional. Artinya, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikannya, bisa juga tetap memperlihatkannya.

"Instagram memberikan kontrol penuh pengalaman seperti apa yang ingin pengguna rasakan di Instagram. Opsi ini bisa kita aktifkan ataupun tidak, kapan pun pengguna mau. Ini salah satu hal yang Instagram lakukan untuk menciptakan pengalaman ber-Instagram yang positif untuk para penggunanya," kata Head of Public Policy Instagram Asia Pacific Philip Chua dalam wawancara virtual, Senin (31/5).

Disebutkan pula olehnya, keputusan Instagram menyodorkan fitur untuk menyembunyikan jumlah like sudah melalui banyak pertimbangan dan berdasarkan masukan para pengguna dari berbagai kalangan, termasuk selebgram dan influencer.

"Instagram akhirnya menyodorkan fitur ini pun setelah mengobrol dengan komunitas dari segala kalangan. Kami berupaya fokus menjadi platfrom yang lebih baik untuk semua kalangan, memberikan mereka kesempatan yang lebih baik agar tetap terhubung dengan orang-orang dan minat mereka," ujar Philip.

Adanya opsi menyembunyikan jumlah like, menurut Philip tidak akan berdampak pada perubahan perilaku pengguna atau cara berinteraksi di platformnya. Dan meski pengguna menggunakan opsi menyembunyikan like, berbagai metric untuk keperluan bisnis dan para konten kreator masih bisa diakses.

"Pengguna (yang menyembunyikan jumlah like) masih bisa melihat berapa banyak like pada postingan mereka. Hanya follower yang tidak bisa melihat jumlah like. Kreator konten juga sangat fleksibel bisa memilih akan menyembunyikan like pada postingan yang mana," sebut Philip.

"Saya rasa ini (fitur menyembunyikan like) tidak akan mengubah apapun. Saat mengeksplorasi kerja sama mereka masih bisa menunjukkan semua (metric) ini pada brand atau untuk kepentingan bisnis. Adanya opsi ini pada dasarnya memberikan kontrol penuh di tangan pengguna, pengalaman seperti apa yang mereka ingin rasakan di Instagram," tutupnya.



Simak Video "Instagram Lite Resmi Meluncur, Ini Bedanya dari Versi Biasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)