Alasan Sebenarnya Instagram Sembunyikan Jumlah Like

Alasan Sebenarnya Instagram Sembunyikan Jumlah Like

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 14:19 WIB
Agar Tak Ada Kompetisi, Fitur Like di Instagram Australia Disembunyikan
Alasan Sebenarnya Instagram Sembunyikan Jumlah Like. Foto: ABC Australia
Jakarta -

Pekan lalu, Instagram resmi merilis fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan jumlah like pada postingan. Ada banyak spekulasi mengapa Instagram menghadirkan pilihan ini.

"Kami ingin pengguna lebih fokus pada kualitas konten yang dibuat ketimbang memikirkan berapa jumlah like yang didapatkan," kata Head of Public Policy Instagram Asia Pacific Philip Chua menjawab berbagai spekulasi tersebut, dalam wawancara virtual, Senin (31/5).

Menurutnya, pilihan menyembunyikan jumlah like juga menciptakan pengalaman ber-Instagram yang lebih positif. Pengguna diberi keleluasaan penuh untuk memilih ingin seperti apa pengalaman mereka menggunakan Instagram.

"Pengalaman yang dihasilkan akan lebih positif karena mereka punya pilihan apakah akan menyembunyikan like atau memperlihatkannya. Secara tidak langsung ini juga memberikan pilihan bagaimana memaksimalkan waktu mereka di Instagram," urai Philip.

Di sisi lain, Instagram sebenarnya juga ingin membuat platformnya lebih ramah untuk kesehatan mental. Keputusan ini dirancang untuk meminimalkan kompetisi seberapa banyak like yang didapat sebuah postingan. Sebelumnya, CEO Instagram Adam Moseri juga mengungkapkan hal serupa.

"Idenya adalah untuk mencoba menurunkan 'tekanan' di Instagram, menjadikannya bukan persaingan, dan memberi orang lebih banyak ruang untuk fokus dalam terkoneksi dengan orang yang mereka sukai dan hal-hal yang menginspirasi mereka," ujarnya beberapa waktu lalu.

Terkait dengan isu kesehatan mental, Instagram sendiri beberapa kali membuat kampanye terkait hal tersebut, salah satunya #RealTalk. Disebutkan Philip, kampanye-kampanye ini pada intinya berupaya menciptakan pengalaman positif di komunitas Instagram.

"Hal ini juga yang ada di balik opsi (menyembunyikan like) ini. Fitur ini sebuah opsi orang bisa memutuskan untuk memperlihatkan like, ada juga yang menyembunyikannya dan memilih fokus pada konten yang dia buat," simpulnya.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)