Program JBP Shopee Bantu Penjualan IndoPowder Naik 500%

Program JBP Shopee Bantu Penjualan IndoPowder Naik 500%

Faidah Umu Safuroh - detikInet
Sabtu, 29 Mei 2021 18:29 WIB
IndoPowder
Foto: Shopee
Jakarta -

Sejak berada di bangku kuliah, Heilman memiliki sebuah mimpi untuk bisa menjadi seorang pengusaha. Namun saat itu ia belum bisa mewujudkan mimpinya karena masih bekerja di suatu perusahaan multinasional. Apalagi ia juga telah memegang posisi yang cukup tinggi di perusahaannya sebagai salah satu top management.

Akan tetapi pada 2018 ia terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Masa sulitnya kala itu ia jadikan sebagai bensin untuk mengobarkan semangatnya dalam menghidupkan kembali mimpinya sedari mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha dan membangun bisnisnya sendiri.

Berbekal uang pesangon serta ilmu dan juga pengalaman berjualan secara online, Heilman mulai mencoba peruntungannya dalam menjalani bisnis penyuplai bubuk minuman berkualitas, hingga lahirlah toko IndoPowder. Tren es kepal milo yang sempat viral di media sosial menjadi awal mula dari perjalanan bisnis toko IndoPowder yang didirikan oleh Heilman.

Banyak dari masyarakat yang membutuhkan produk bubuk minuman untuk keperluan usaha mereka. Berangkat dari situ, toko IndoPowder pun semakin dikenal oleh khalayak ramai.

Berkat semangat dan kegigihan Heilman, tak disangka performa bisnis IndoPowder kian berkembang pesat. Hingga saat ini, IndoPowder telah memiliki 32 agen dan distributor di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Tak hanya itu, setelah bergabung menjadi seller di Shopee, penjualan pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Shopee juga memberikan bimbingan mengenai cara berjualan sampai berbagai program yang dihadirkan. Penjualan toko IndoPowder pun bisa meningkat hingga 50% dalam Year-on-Year dengan memiliki 30% konsumen loyal dari total pembeli di Shopee.

Heilman merasa sangat bahagia dan bersyukur akan hal ini. Akhirnya, visi dan misinya untuk membantu bisnis sesama pelaku UMKM lokal dapat tercapai dengan menjadi penyuplai produk bubuk minuman bagi penggiat UMKM minuman di Indonesia.

"Berbagai kampanye tanggal cantik dan juga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mempunyai peran penting dalam peningkatan penjualan toko IndoPowder. Terutama saat kampanye besar seperti pada Ramadan Food Fair, yang bisa membantu meningkatkan penjualan hingga 30% dibandingkan dengan hari-hari biasanya," papar Hilman dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

"Selain itu, di Shopee terdapat pula program JBP (Joint Business Planning) yang berfokus pada penentuan dan perencanaan target jangka panjang bagi para penjual. Melalui program ini, saat periode kampanye 4.4, IndoPowder telah berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 500% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," tambahnya.

Heilman optimis dengan bantuan Shopee, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan IndoPowder bisa menjadi salah satu market leader untuk penjualan produk bubuk minuman. Serta dapat menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Papua, merupakan impian selanjutnya dari Heilman bagi IndoPowder.

Ia berpesan kepada para pelaku UMKM lokal di luar sana yang sama-sama sedang merintis bisnis, untuk selalu dapat melihat peluang dari setiap masalah yang sedang dihadapi. Contohnya di masa pandemi seperti sekarang ini, tren berbelanja online yang sedang meningkat dapat dijadikan peluang untuk merambah ke dunia online dan memasarkan produk secara digital.

"Tentunya hal ini dapat diwujudkan dengan cara bergabung menjadi penjual di Shopee, salah satu e-commerce terdepan di Indonesia dengan jutaan pelanggan setia," tandasnya.

(ncm/fay)