Pakar TI Jelaskan Pentingnya Teknologi di Masa Pandemi

Pakar TI Jelaskan Pentingnya Teknologi di Masa Pandemi

Abu Ubaidillah - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 21:49 WIB
Astra International
Foto: Astra International
Jakarta -

Pakar teknologi informasi Indonesia, Onno W Purbo menjelaskan di masa pandemi ini teknologi berperan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari, apalagi di masa sekarang banyak hal yang dilakukan secara online.

"Dengan kondisi kita di pandemi ini sekarang, kagak punya teknologi mateng dah. Sekarang kan kita harus online, sekolah online, ini online, itu online," kata Onno dalam acara 'Dampak Positif Penggunaan Teknologi' di channel YouTube SATU Indonesia, Jumat (28/5/2021).

Seperti diketahui, pada masa pandemi sekarang ada banyak hal yang tadinya dikerjakan secara fisik, beralih secara virtual. Seperti sekolah, berbisnis, bekerja, bahkan mengobrol dengan orang lain juga lebih banyak dilakukan lewat layar smartphone.

Onno menceritakan, beberapa waktu lalu dirinya mengikuti webinar bersama Dinas Pendidikan Papua. Diakui Onno, Dinas Pendidikan Papua mengeluhkan karena ada sejumlah kabupaten di sana yang belum memiliki akses internet sehingga menyulitkan kegiatan pendidikan.

"Aduh kasihan banget, kalau udah kayak gitu gimana kita mau maju," imbuhnya.

Peralihan berbagai kegiatan fisik menjadi kegiatan online akibat pandemi oleh sebagian pihak mungkin dianggap hal yang mendadak, disamping itu masih ada sejumlah orang yang mungkin masih gaptek dan tidak bisa mengoperasikan teknologi dengan baik. Menanggapi hal ini, Onno menyebut teknologi bukan sebuah hal susah untuk dipahami.

"Jangan berpikir teknologi makin susah, soalnya kita yang bikin teknologi kan mikirnya gini, kalau saya nggak bikin gampang kagak ada yang make tuh teknologi. Artinya saya bakal mati yang bikin teknologi, jadi kita pasti bikin si teknologi makin gampang," jelasnya.

Ia juga menyebut agar teknologi bisa bermanfaat luas, terutama di masa pandemi ini. Menurutnya jika penggunaan teknologi berfokus pada manfaat, sesuatu yang positif manfaatnya pasti akan selalu ditunggu oleh semua orang.

"Kalau kita pakai teknologi secara negatif, akhirnya dampaknya juga negatif juga ke kita yang pakai teknologi tadi. Misalnya kita nipu orang di internet, nge-tweet yang tidak baik, kita tuh bakal kacau, hidupnya juga nggak akan bagus," jelasnya.

Menyinggung soal manfaat teknologi, Onno mengapresiasi Astra International yang menyelenggarakan SATU Indonesia Awards sebagai bentuk apresiasi kepada anak bangsa yang memberi manfaat kepada masyarakat. Manfaat tersebut meliputi bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi, serta satu kategori kelompok yang mewakili 5 bidang tersebut.

"Jarang event seperti ini di republik ini, jarang ada perusahaan sebesar Astra terus bikin awards seperti buat anak-anak muda itu jarang," jelasnya.

Juri SATU Indonesia Awards tersebut mengaku kesulitan untuk memilih pemenangnya, karena manfaat-manfaat teknologi anak muda itu bagus-bagus. Ia bahkan menyebut jika apa yang dikerjakan anak-anak muda tersebut bisa dikasih tahu ke satu republik, ia yakin republik ini akan 'terbang'.

Sebagai informasi, penerima apresiasi pada masing-masing kategori tersebut akan dana bantuan kegiatan Rp 60 juta. Adapun pendaftaran Satu Indonesia Awards 2021 masih dibuka sejak 2 Maret-2 Agustus 2021 dan informasi lengkapnya bisa dilihat di di www.satu-indonesia.com.

(ega/ega)