Tips Belanja COD Cerdas, Jangan Sampai Kurir yang Ditindas

Tips Belanja COD Cerdas, Jangan Sampai Kurir yang Ditindas

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 20 Mei 2021 12:45 WIB
Ninja Xpress
Foto: Ninja Xpress
Jakarta -

Viral emak-emak memaki kurir saat berbelanja online dengan metode cash on delivery (COD) menjadi perhatian para penyedia layanan logistik. Inilah tips dan etika belanja COD.

Salah satu yang menaruh perhatian pada isu tersebut adalah Ninja Xpress. Penyedia layanan logistik yang mencakup Asia Tenggara ini juga menawarkan layanan COD bagi para konsumennya. Ninja Xpress mengajak para pembeli agar lebih cermat dan cerdas, jangan sampai kurir tertindas oleh perilaku yang tidak menyenangkan.

"Sesuai dengan semangat 'Obsesinya Cuma Delivery', layanan Ninja COD kami tujukan agar memudahkan pembeli berbelanja online, terutama bagi yang belum begitu familiar dengan opsi pembayaran online maupun perbankan," ujar Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa, lewat keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Hal apa saja yang perlu dipahami pembeli agar cerdas bertransaksi COD? Sejauh apa peran kurir dalam menjalankan tugas antar paket lewat sistem COD? Bagaimana transaksi COD yang ideal antara pembeli dan penjual agar keduanya puas? Simak beberapa informasi penting tentang COD yang dirangkum Ninja Xpress berikut ini.

Peran pembeli, penjual, dan riders (kurir) Ninja dalam transaksi COD

Dalam transaksi belanja online, COD merupakan metode pembayaran di tempat, alias ketika pembeli ingin mendapatkan kepastian barang sampai di tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada pembeli.

Penting untuk dicatat, peran riders Ninja di sini hanya sebagai mitra kurir yang bertugas untuk mengantar paket serta perantara transaksi antara penjual ke pembeli. Riders Ninja akan mengambil barang dari penjual, untuk diantarkan ke rumah pembeli, dan menerima pembayaran uang tunai dari pembeli di tempat setelah paket diterima, untuk kemudian uang tunai tersebut diserahkan kepada penjual setelah transaksi sukses dan selesai.

Perjelas kesepakatan antara pembeli dan penjual dalam transaksi COD

Sebelum menyelesaikan transaksi belanja online, pembeli dan penjual perlu melakukan kesepakatan yang jelas terkait pesanan seperti jenis produk, ukuran warna, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, serta mitra kurir yang akan dipilih untuk layanan COD.

Selain hal tersebut, ada lagi hal yang tidak kalah penting untuk disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu mengenai kebijakan pengembalian barang apabila pesanan tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. Dengan demikian, pembeli dan penjual sama-sama puas dalam melakukan transaksi dan Ninja riders tenang menjalankan tugas.

Bila barang tidak sesuai pesanan

Dalam transaksi COD, apabila barang atau paket yang diterima oleh pembeli tidak sesuai pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual agar dapat ditindaklanjuti, dengan catatan pembeli tetap melakukan pembayaran barang kepada kurir.

Dalam kasus ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan isi paket, sudah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual dan bukan merupakan tanggung jawab kurir dalam menentukan isi paket.

Pembeli perlu memahami bahwa Ninja riders merupakan mitra kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan dengan selamat ke tangan pembeli, dan berkewajiban untuk memastikan isi paket tidak mengalami kerusakan dalam proses pengantaran.

Apabila pembeli melakukan transaksi melalui platform e-commerce, pengembalian barang telah diatur sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan e-commerce tersebut.

Namun, apabila pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli melalui platform social commerce seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain-lain, pembeli dapat melakukan pengembalian barang sesuai kesepakatan dengan pembeli.

Selain informasi penting di atas, Ninja Xpres juga memberikan tips menggunakan Ninja COD sebagai pilihan metode pembayaran transaksi belanja online:

1. Pastikan toko online memiliki track record bagus

Biasanya toko online yang memiliki track record bagus, dapat dilihat melalui kolom komentar masing-masing produk dan dapat dilihat melalui jumlah bintang sebagai penilaian konsumen lain. Selain itu, di beberapa marketplace ternama biasanya terdapat fitur chat dengan seller, konsumen dapat menulis pesan dengan meyakinkan seller agar mengirimkan barang sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi agar sesuai dengan harapan.

2. Pahami syarat dan ketentuan berbelanja

Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Konsumen harus mengetahui beberapa hal seperti harga minimal dan maksimal pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan area jangkauan jasa kirim.

3. Manfaatkan customer care

Layanan customer care bisa jadi pilihan jika menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang dan atau pada saat melakukan pembayaran melalui COD. Customer care Ninja Xpress menjanjikan kecepatan respons atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam.

"Ninja Xpress berkomitmen meningkatkan berbagai layanan yang kami berikan agar konsumen dapat melakukan transaksi belanja dengan aman tanpa khawatir, termasuk layanan Ninja COD. Semoga informasi serta tips COD dari Ninja Xpress ini dapat membantu pembeli dan penjual dalam memanfaatkan layanan Ninja COD sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan ke depannya," harap Andi.



Simak Video "KuTips: Jangan Ngamuk Dulu, Perhatikan Tips Belanja COD Nih! "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)