Yuk Bisa Yuk, Saling Semangat di Hari Kebangkitan Nasional

Yuk Bisa Yuk, Saling Semangat di Hari Kebangkitan Nasional

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 20 Mei 2021 11:06 WIB
Ratusan Warga pulau terluar indonesia di kepulauan Miangas mengikuti upacara bendera di lapangan Miangas, Kepulauan Miangas, Sulawesi Utara 2052013. Upacara dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional tersebut dipimpin oleh meteri pemuda dan olehr
Warga Miangas menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Foto: Detikcom)
Jakarta -

Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 jadi momen masyarakat saling menyemangati satu sama lain. Kalau kita semua kompak dan bersatu memang enak bukan?

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi trending topic Twitter di Indonesia seperti dipantau Kamis (20/5/2021). Ada 8.808 tweet soal hari bersejarah ini dan jumlahnya terus bertambah.

Sedikit mengupas sejarahnya, Harkitnas adalah momen kelahiran organisasi Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi bentukan sejumlah mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Arsten) pada 20 Mei 1908 silam.

Sejumlah tokoh yang turut mendirikan organisasi ini antara lain, Dr Soetomo, Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, Gondo Soewarno, Soelaiman, Angka Prodjosudirdjo, M Soewarno, Moehammad Saleh, dan RM Goembrek. Namun ada satu sosok yang berperan penting dan menginspirasi, dr Wahidin Soedirohusodo, yang juga alumni STOVIA.

dr Wahidin mencetuskan ide untuk mencerdaskan bangsa melalui 'studiefonds' atau dana pendidikan agar tidak mudah diadu oleh penjajah, sementara Soetomo dan kawannya yang memiliki rasa nasionalisme perjuangan yang tinggi menyepakati pembentukan Budi Utomo, yang menjadi cikal bakal dibentuknya Hari Kebangkitan Nasional.

Dari pejabat tinggi, selebriti sampai masyarakat biasa, semua saling memberi semangat supaya masyarakat kompak lagi dan bersatu lagi. Ada momen ramai-ramai menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kegiatan positif lainnya.

Inilah sebagian tweet soal Hari Kebangkitan Nasional:

Nah, kalau detikers sendiri bagaimana? Apa makna Hari Kebangkitan Nasional untuk kalian dan pesan apa yang mau disampaikan? Yuk suarakan pendapat kalian di kolom komentar.



Simak Video "Hari Kebangkitan Nasional, Addie MS: Bangkit untuk Bersatu "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)