5.5 Jadi Hari Bangga Buatan Indonesia, Ada Promo Apa?

5.5 Jadi Hari Bangga Buatan Indonesia, Ada Promo Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 05 Mei 2021 17:13 WIB
HBBI 2021
Foto: Dok. Bhinneka
Jakarta -

Pemerintah lewat penandatanganan MoU antara Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), beserta Asosiasi ECommerce Indonesia (idEA) menetapkan 5 Mei sebagai hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Untuk memperingati BBI ini, dari 5 sampai 13 Mei, pelaku ecommerce di Indonesia memberikan gratis ongkos kirim untuk pembelian produk buatan Indonesia. Program ini pun diadakan sebagai dukungan untuk produk buatan Indonesia serta mengajak masyarakat untuk merayakan hari raya Idul Fitri di rumah saja.

Salah satu ecommerce yang ikut dalam merayakan hari BBI ini adalah Bhinneka, yang memberikan ongkos kirim untuk transaksi pembelian produk indonesia pada 5-13 Mei 2021, dan memberikan potongan harga sampai Rp 500 ribu.

"Hari BBI 2021 menjadi kesempatan bagi industrie-commerce dan pemerintah untuk bergotong royong memajukan perekonomian negeri. Melalui gratis ongkir dan promo yang diberikan oleh seluruh anggota kami yang berpartisipasi seperti Bhinneka.Com, kami harap dapat berdampak pada peningkatan penjualan pelaku usaha lokal dan UMKM," ujar Bima Laga, Ketua Umum idEA, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (5/5/2021).

Program Hari BBI 2021 ditegaskan menjadi bentuk kepedulian industri e-commerce dan pemerintah terhadap produk dalam negeri serta masyarakat Indonesia selaku konsumen.

Bersama para mitra dari fintech, perbankan, dan logistik, Bhinneka.Com dalam 5.5 Hari BBI memberikan kemudahan bagi para pelanggan, serta mendorong geliat pelaku UMKM menjelang hari raya. Salah satunya, Bazar Hebat berisi paket sembako untuk berbagi dengan sesama mulai dari Rp100 ribuan.

"Sejalan dengan program pemerintah, kami berkomitmen untuk menyukseskan kampanye 5.5Hari Bangga Buatan Indonesia.Sebuah kelanjutan dari berbagai inisiatif Bhinneka.Com dalam mendorong pertumbuhan produk dalam negeri terbaik dan pelaku UMKM di Indonesia. Kami memahami bahwa dalam situasi pembatasan sosial ini, e-Commerce menjadi solusi," ujar Astrid Warsito, Head of Corporate Communication Bhinneka.com dalam keterangan yang sama.

Lebih lanjut lagi, Bhinneka.Com melihat bahwa Hari BBI menjadi momen untuk mengajak masyarakat memiliki semangat #MudikDariHati. Meski Idulfitri 2021 masih di tengah pandemi, silaturahmi tetap dapat terjadi tanpa harus bertatap muka.

Salah satunya dengan berkirim care package untuk sanak keluarga atau membeli makanan khas daerah asal melalui platform online diharapkan mampu mengobati kerinduan pada kampung halaman.



Simak Video "Paling Banyak Dikunjungi, Tokopedia Jadi Marketplace Teratas di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)