Bahaya! Fitur Autopilot Tesla Gampang Dibohongi Tanpa Sopir

Bahaya! Fitur Autopilot Tesla Gampang Dibohongi Tanpa Sopir

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 24 Apr 2021 04:05 WIB
cokelat modern tesla
Mobil Tesla (Foto: Fox News)
Jakarta -

Hasil temuan majalah konsumen berpengaruh di AS, Consumer Reports, terkait mobil Tesla, cukup membuat khawatir. Fitur autopilot di kendaraan Tesla disebut bisa diakali.

Dikutip dari BBC, Sabtu (24/4/2021) engineer Consumer Reports mengklaim bahwa kelemahan ini memungkinkan mobil Tesla bisa berjalan tanpa ada pengemudi. Mereka menguji Model Y pada jalur tertutup dan menyimpulkan bahwa sistem ini dapat dengan mudah ditipu.

Pengujian ini dilakukan menyusul insiden mobil Tesla yang menewaskan dua orang. Polisi yang menyelidiki kasus ini yakin bahwa tidak ada orang di kursi pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Fitur Autopilot Tesla adalah sistem bantuan canggih untuk pengemudi yang menurut Tesla akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan di belakang kemudi. Namun klaim ini dipertanyakan setelah beberapa kali terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil Tesla.

Tim Consumer Reports mengatakan, uji coba mereka berhasil mengakali mobil Tesla berulang kali untuk mengemudikan jalur uji mereka tanpa ada seorang pun di kursi pengemudi.

"Dalam evaluasi kami, sistem tidak hanya gagal untuk memastikan pengemudi memperhatikan, tetapi juga tidak tahu apakah ada pengemudi atau tidak di sana," kata Auto Testing Director di Consumer Reports, Jake Fisher.

"Cukup menakutkan ketika kami menyadari betapa mudahnya mengalahkan sistem pengamanan ini. Yang kami buktikan ini jelas tidak cukup," tambahnya.

Sementara itu, di websitenya Tesla mengatakan bahwa sistem Autopilot membutuhkan pengemudi yang penuh 'sadar', dan menggunakan sistem tersebut tidak serta-merta membuat mobil menjadi otonom.

Beberapa persyaratan keselamatan untuk mode autopilot Tesla antara lain: menjaga tangan pengemudi tetap di setir, memasang sabuk pengaman, dan tidak membuka pintu apa pun. Namun sejauh ini Tesla tidak memberikan komentar apapun terkait laporan ini.



Simak Video "Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)