Selamat Hari Bumi! Warga Dunia Sambut #EarthDay 2021

Selamat Hari Bumi! Warga Dunia Sambut #EarthDay 2021

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 11:49 WIB
Earth Day
Foto: (iStock)
Jakarta -

22 April dirayakan warga dunia sebagai Hari Bumi atau EarthDay. Media sosial pun ramai dengan pesan-pesan konservasi.

Dipantau hari ini, Kamis (22/4/2021) Selamat Hari Bumi memuncaki trending topic Indonesia dengan 2.643 tweet. Setelah itu menyusul di posisi kedua adalah #EarthDay dengan 137 ribu tweet yang merupakan tagar internasional.

Kemudian ada lagi Restore Our Earth yang menjadi tema Hari Bumi 2021 dengan 4.650 tweet. Masyarakat menyambut Hari Bumi 2021 dengan saling menyemangati. Ada pesan-pesan konservasi dan kelestarian alam serta lingkungan sekitar.

Dari badan dunia PBB, selebriti, sampai masyarakat biasa, semua ikut bersuara. Banyak yang membagikan foto-foto indah planet Bumi. Inilah beberapa kicauan dari netizen di Twitter:

Kenapa tanggal 22 April menjadi Hari Bumi? Itu ada sejarahnya. Dilansir dari laman resmi Earth Day, Hari Bumi mulai diprakarsai pada 1970 saat gerakan lingkungan modern dimulai. Dimulainya gerakan tersebut menyuarakan kesadaran publik tentang keadaan planet saat itu.

Sejumlah peristiwa di dekade 1960-an menjadi pemicunya. Ada buku Silent Spring karya Rachel Carson tahun 1962 yang viral di 24 negara dan terjual 500.000 eksemplar yang mengkritik ketidakpedulian masyarakat dengan lingkungan.

Tahun 1969 terjadi tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Senator Gaylord Nelson dari Wisconsin, yang telah lama memperhatikan memburuknya lingkungan di Amerika Serikat, menggagas aksi turun ke jalan besar-besaran.

Mereka memilih 22 April mengambil momen usai libur musim semi dan sebelum ujian akhir mahasiswa, untuk memaksimalkan massa. Akhirnya 20 juta orang Amerika turun ke jalan di berbagai kota berpawai soal kepedulian lingkungan dan menjadi Hari Bumi pertama. Tahun 1990, Hari Bumi mulai dijadikan hari internasional sampai sekarang.



Simak Video "Di Hari Bumi Paus Fransiskus Ingatkan Pentingnya Menjaga Alam"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)