Jack Ma Mendadak Muncul Bareng Vladimir Putin, Ada Apa?

Jack Ma Mendadak Muncul Bareng Vladimir Putin, Ada Apa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 16 Apr 2021 05:30 WIB
Jack Ma
Jack Ma muncul bareng Vladimir Putin. Foto: Insider
Rusia -

Sejak menghilang dari pandangan publik di Oktober 2020, baru sekali Jack Ma muncul, yakni di Januari silam. Ia tampil online untuk menyapa para guru teladan di China. Kini, pendiri Alibaba itu kembali muncul bareng Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Rupanya, Jack Ma menyempatkan diri menghadiri pertemuan online Russian Geographical Society. Tampak ia menjadi salah satu peserta dan menyimak pembicaraan Putin. Adapun busananya adalah jas resmi.

Akan tetapi seperti kemunculan sebelumnya, tidak diketahui persis di mana Jack Ma berada. Dikutip detikINET dari Business Insider, dia juga tidak berbicara sama sekali dalam ajang yang berlangsung selama dua jam tersebut. Kadang ia terlihat minum teh.

Ma memang dekat dengan Rusia selama bertahun-tahun dan sudah beberapa kali tampil bersama Putin. Di pertengahan 2020, Departemen Pertahanan Rusia berterima kasih padanya karena donasi sejuta masker dan alat tes Corona.

Waktu itu, dia juga disebut anggota kehormatan Russian Geographical Society. Bahkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, memuji Jack Ma sebagai teman sejati negara Rusia.

Pada saat Jack Ma merencanakan akan pensiun di 2018, Putin ikut berkomentar. Ketika itu, Ma ikut menghadiri event Eastern Economic Forum yang digelar di Rusia. Putin yang melihat Ma langsung bertanya kenapa sang pendiri Alibaba memutuskan pensiun di umur yang relatif masih muda.

"Saya ingin bertanya pada pria muda yang duduk di sana sambil memakan snack Rusia, Jack Ma. Anda masih begitu muda, kenapa Anda mau pensiun?" tanya Putin yang dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Ma tampak terkejut mendengar pertanyaan itu. Ia menjawab usianya sudah tak muda. "Saya menghabiskan ulang tahun yang ke-54 di Rusia. Saya telah menjalankan Alibaba selama 19 tahun dan meraih sesuatu, tapi masih ada banyak hal yang saya harap bisa saya capai, seperti di filantropi dan pendidikan," jawab Ma.

Putin langsung tertawa mendengar perkataan Ma. "Anda lebih muda daripada saya. Saya sudah 66 tahun," kata sang Presiden yang masih aktif memimpin Rusia itu.

Jack Ma saat ini sepertinya sengaja tidak mau terlalu banyak bicara atau tampil di publik. Pemerintah China baru saja menjatuhkan denda Rp 40 triliun pada Alibaba dan juga merombak besar-besaran Ant Group.



Simak Video "Partai Vladimir Putin Unggul Dalam Pemilu Parlemen"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)