Pakar Medsos soal Akun Setneg Cuit Pernikahan Atta-Aurel: Gak Salah!

Pakar Medsos soal Akun Setneg Cuit Pernikahan Atta-Aurel: Gak Salah!

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 14:00 WIB
Kontroversi kehadiran Jokowi di pernikahan Atta dan Aurel
Presiden Joko Widodo menghadiri pernikahan Atta-Aurel sekaligus menjadi saksi pernikahan keduanya. Foto: dok. Instagram dan Twitter
Jakarta -

Di tengah banjir kritikan terhadap akun Kementerian Sekretariat Negara yang mencuit tentang pernikahan YouTuber Atta Halilintar dan penyanyi Aurel Hermansyah, pengamat media sosial punya pandangan lain.

Enda Nasution melihat tidak ada yang salah dengan tweet tersebut. Menurutnya tweet itu humanis dan berbeda dengan tweet-tweet lainnya yang biasa diposting akun @KemensetnegRI, sehingga menarik perhatian. Tapi di sisi lain, hal ini masih bisa diperdebatkan.

"Biasanya kan berupa kegiatan resmi Presiden, lingkungan istana, dan Kementerian Setneg-nya. Saya tidak melihat ada sebuah kesalahan besar karena pertama, bisa dianggap sebagai sebuah variasi daripada tweet lainnya yang biasanya resmi, yang sifatnya kenegaraan. Ini juga menampilkan sisi humanis dari Presiden," ujarnya saat dihubungi detikINET, Senin (5/4/2021).

Dari sisi medsosnya sendiri, Enda berpendapat hal tersebut bisa diperdebatkan. Jika dibandingkan dengan tweet lain yang diposting Kementerian Setneg, tweet tentang pernikahan Atta-Aurel ini ramai direspons netizen.

"Yang biasanya responsnya tidak sampai ratusan tweet, yang (tweet tentang) Presiden menghadiri pernikahan Atta-Aurel bisa dibilang viral karena jumlahnya sampai ribuan. Jadi ada lesson learned juga yang bisa diambil dari case study ini," paparnya.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari hal ini? Enda menjelaskan, akun-akun medsos terkadang perlu agak kontroversial agar menjadi perdebatan. Dengan demikian, publik jadi memperhatikan akun tersebut.

"Saya memang gak ada datanya. Tapi taruhan, follower-nya akun Setneg pasti nambah sebelum dan sesudah tweet itu. Karena sebelumnya orang yang tadinya gak memperhatikan, sekarang jadi memperhatikan," komentarnya.

"Jadi tweet itu bisa diperdebatkan dari sudut pandang politis, etika, persepsi publik dan lain-lain ya. Tapi yang pasti tidak melanggar hukum, dan dari sudut pandang pengelolaan medsos sih positif karena mendapat respons tinggi, enggagement rate pun tinggi," tutupnya.



Simak Video "Terungkap Lokasi Akad Nikah Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)