Youtuber Menambang Bitcoin Cuma Pakai Game Boy Klasik

Youtuber Menambang Bitcoin Cuma Pakai Game Boy Klasik

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 22:10 WIB
VANCOUVER, BC - OCTOBER 29: Gabriel Scheare uses the worlds first bitcoin ATM on October 29, 2013 at Waves Coffee House in Vancouver, British Columbia. Scheare said he
Youtuber Menambang Bitcoin Menggunakan Game Boy Klasik (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Seorang Youtuber mengubah Game Boy klasik menjadi sistem penambangan Bitcoin. Sebenarnya berfungsi, tapi memiliki kecepatan yang sangat tidak efektif.

Baru-baru ini ditemukan hal yang cukup menarik, di mana Game Boy yang biasa digunakan untuk bermain game dapat diubah menjadi alat untuk menambang Bitcoin. Eksperimen ini dilakukan oleh Youtuber cerdik, Stacksmashing, yang mengubah platform game klasik yakni Game Boy menjadi sistem penambang Bitcoin, dilansir detikINET dari Gamerant, Selasa, (30/3/2021).

[Gambas:Youtube]

Mengingat kurangnya GPU pada platform game ini, Stacksmashing menggunakan kartu flash USB standar untuk menjalankan ROM pada Game Boy. Kemudian dia menggunakan kabel penghubung yang dimodifikasi setelah digabungkan dengan Raspberry Pi Pico Microcontroller Board untuk mengirimkan informasi antara Game Boy dan host komputer.

Untuk memperkuat eksperimen yang dilakukannya, Stacksmashing membuat blockchain dengan tingkat kesulitan yang sangat rendah untuk mengetahui secara teoritis, apakah Game Boy dapat menambang Bitcoin. Hal itu itu pun memang bisa dilakukan.

Sebelumnya, telah beredar kabar bahwa PlayStation 5 dapat menambang Ethereum, namun hanya beberapa saat setelah itu dihentikan. Namun dengan kecerdikan yang luar biasa dari Stacksmashing, menambang Bitcoin menjadi lebih terjangkau menggunakan Game Boy klasik.

Sayangnya, seperti yang sudah dibayangkan, bahwa menambang Bitcoin menggunakan Game Boy sangat lambat. Selama pengujian, Stacksmashing sudah memperkirakan jika menggunakan alat penambang modern akan 125 triliun kali lebih efektif. Di mana potensi kekayaan Bitcoin yang diperoleh menggunakan Game Boy mungkin masih di luar jangkauan.

Namun Youtuber ini memberikan sedikit kesan humor dari eksperimen yang telah dilakukannya. Dia menunjukkan bahwa operasi penambangan ASIC membutuhkan banyak daya jika dibandingkan dengan Game Boy yang hanya menggunakan empat baterai AA.

Meskipun menambang Bitcoin di Game Boy hampir tidak mungkin, fakta bahwa Game Boy dapat direnovasi menjadi sistem penambang Bitcoin membuat upaya ini berhasil. Namun bagi calon penambang sebaiknya menggunakan cara lain atau yang lebih modern, dan tetap menggunakan Game Boy sebagaimana mestinya sebagai alat bermain game saja.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)