Pemerintah Larang Mudik, Ini Suara Netizen Indonesia

Pemerintah Larang Mudik, Ini Suara Netizen Indonesia

Tim - detikInet
Jumat, 26 Mar 2021 14:40 WIB
Mudik gratis Natal Kemenhub
Ilustrasi mudik Lebaran (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta -

Pemerintah melarang kegiatan mudik Lebaran pada 2021. Masyarakat pun meradang di media sosial.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual, Jumat (26/3/2021) mengumumkan kalau pemerintah meniadakan mudik Lebaran 2021. Arahan ini diberikan untuk seluruh masyarakat.

"Larangan mudik akan dimulai pada 6-17 Mei 2021 dan sebelum dan sesudah tanggal itu, diimbau pada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengatakan nanti ada aturan susulan terkait peniadaan mudik. Cuti bersama Idul Fitri tetap ada, namun tidak boleh ada aktivitas mudik. Keputusan ini diambil demi lancarnya upaya vaksinasi COVID-19.

Meski begitu, tampaknya masyarakat tidak bisa menahan kekecewaannya. Tahun kemarin sudah tidak ada mudik, tahun ini pun demikian. Ada yang setuju, ada yang kecewa, ada juga yang pesimistis soal penegakan aturan larangan mudik.

"Lihat aja ntar gimana di lapangannye pasti kucing-kucingan seperti dulu, itu fakta," kata pembaca detikcom Obi***

"Setuju dengan pemerintah. Sebaiknya kita ikuti arahan pemerintah demi masyarakat dan keluarga kita sendiri," kata pembaca bernama Tom****.

Reaksi netizen juga ramai di Twitter. Mereka terbagi antara pro dan kontra, banyak juga yang curhat sudah kangen dengan kampung halaman. Ada kritik kalau pelarangan mudik artinya pemerintah sudah kehabisan cara.

Netizen juga bertanya kenapa ada pelarangan mudik padahal vaksinasi sudah berjalan. Sebagian lagi mengaku mau mudik diam-diam.

Inilah beberapa tanggapan mereka di Twitter soal larangan mudik:



Simak Video "H-1 Mudik Dilarang, Terminal Alam Barajo Jambi Sepi Pemudik"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)