Susan Wojcicki, 'Ibunya' Google yang Jadi Bos YouTube - Halaman 2

Perempuan Penguasa Teknologi

Susan Wojcicki, 'Ibunya' Google yang Jadi Bos YouTube

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 06 Mar 2021 22:04 WIB
NEW YORK, NY - MAY 03:  YouTube CEO Susan Wojcicki speaks onstage during the YouTube Brandcast 2018 presentation at Radio City Music Hall on May 3, 2018 in New York City.  (Photo by Noam Galai/Getty Images)
Susan Wojcicki, CEO YouTube. Foto: Noam Galai/Getty Images

Karirnya terus naik, dan menjadi senior vice president of advertising & commerce di Google, dan membawahi produk iklan dan analitik Google seperti AdWords, AdSense, DoubleClick, dan Google Analytics.

Akuisisi YouTube senilai USD 1,65 miliar pada 2006 juga adalah idenya, yang terbukti kemudian menjadi platform video yang sangat besar dan menjadi salah satu tulang punggung Google.

Ada dua akuisisi besar yang dipegang oleh Wojcicki, yaitu akuisisi YouTube dan akuisisi DoubleClick senilai USD 3,1 miliar pada 2007.

Karirnya bisa dibilang mencapai puncak saat menjadi CEO YouTube pada Februari 2014. Wojcicki disebut sebagai 'orang paling penting di dunia periklanan', dan juga masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh selama 2015 buatan majalah Time, bahkan didaulat sebagai 'wanita paling kuat di internet'.

Namun Wojcicki tentu tak berhenti sampai situ. Ia terus mengembangkan YouTube dengan memperluas usahanya. Seperti YouTube Premium, YouTube Music, dan juga layanan YouTube TV.

(asj/fay)