Dukung Pemerintah, Gojek dan Halodoc Sediakan Vaksinasi Drive-Thru

Dukung Pemerintah, Gojek dan Halodoc Sediakan Vaksinasi Drive-Thru

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 17:30 WIB
Peresmian Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru di Jakarta,
Foto: Istimewa
Jakarta -

Guna mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19, penyedia jasa layanan online Gojek dan Halodoc bekerja sama menghadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui metode drive thru. Adapun program vaksinasi ini sudah mulai dilakukan sejak Rabu (3/3) di area parkir Hall JiExpo Kemayoran, yang pada tahap ini menjangkau kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan tujuan dari vaksinasi drive-thru yaitu untuk mempermudah distribusi vaksin COVID-19. Hal ini mengingat pemerintah Indonesia memiliki target untuk memberikan vaksin kepada 140 juta penduduk dalam waktu 6 bulan di semester kedua.

Artinya, dalam satu hari, harus ada satu sampai dua juta penduduk yang disuntik vaksin Corona. Dalam rangkai mencapai target tersebut, menurut Budi pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bekerja sama dengan pihak swasta.

"Pemerintah harus melakukan bersama-sama dengan pihak swasta, terutama start-up. Ini bukan program, ini harus jadi gerakan atau movement. Di mana setiap komponen bangsa merasakan ini kewajiban kita untuk melaksanakan vaksinasi. Karena vaksinasi bukan hanya melindungi individu, tapi untuk mencapai herd immunity untuk bisa melindungi tetangga, keluarga, seluruh rakyat Indonesia sebagai komunitas bersama. Untuk itu butuh dukungan dari semua komponen bangsa," ujarnya dalam acara Peresmian Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru di Jakarta, baru-baru ini.

Dalam upaya ini, Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

"Kami siap memberikan layanan GoCar selama proses vaksinasi di lokasi. Mobil-mobil kami, tanpa biaya tambahan, menyediakan sekat pelindung dan selalu melewati proses pembersihan secara rutin di posko-posko aman driver kami," tutur Co-Founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi.

Kevin juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan kepada Gojek. Ia berharap, kerja sama yang terjalin bisa mendorong perluasan akses masyarakat terhadap program vaksinasi COVID-19.

"Pemberian vaksin kepada kelompok lansia akan dapat memberikan ketenangan secara psikologis bagi para orang tua kita ini, yang akan berdampak positif terhadap ketahanan tubuh dan kesehatan mereka, terutama selama pandemi ini. Kami berharap kerja sama dengan Halodoc ini dapat membantu program vaksinasi COVID-19, dimulai dari sosialisasi dan perluasan akses sehingga dapat mensukseskan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus COVID-19," pungkasnya.

Sementara itu, CEO & Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta turut berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenkes sehingga dapat terus berkontribusi sebagai mitra dalam komunikasi, informasi, dan edukasi terkait COVID-19.

"Kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc yang telah menjadi andalan masyarakat selama pandemi. Kami percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target program vaksinasi COVID-19 pemerintah di tahun ini," ungkap Jonathan.

Ekosistem Halodoc, lanjut Jonathan, akan selalu siap berkontribusi, terlebih mengingat layanan drive thru yang telah tersedia di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota di Indonesia. Dalam 3 sampai 4 hari ke depan, layanan vaksinasi drive-thru akan dibuka mulai jam 9 pagi sampai dengan 5 sore. Namun, ia mengakui masih ada kemungkinan jika nantinya jam operasional vaksinasi diperpanjang. Begitu pula dengan kapasitas peserta vaksin COVID-19.

"Dari sisi waktu, kita mulai jam 9 pagi sampai 4 atau 5 sore. Apakah kita akan buat sampai lebih malam, itu nanti secara ketersediaan vaksin akan kita update. Ini baru awal, kita juga akan meningkatkan layanan secara jumlah dan kualitas," jelas Jonathan.

Diungkapkan Jonathan, untuk vaksin yang digunakan dalam layanan drive-thru adalah vaksin Sinovac. Hal ini sejalan dengan anjuran dari pemerintah.

"Secara merek dan semua jenis vaksin, sejalan dengan yang diberikan oleh pemerintah. Di mana saat ini masih menggunakan vaksin Sinovac Biofarma. Secara kapasitas, hari ini masih 500-600 (orang), tapi beberapa hari kita akan tingkatkan (sampai) 1000. Kita bertahap naiknya," paparnya.

Untuk mengakses layanan vaksinasi COVID-19 melalui drive thru, caranya sangat mudah. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, memilih banner 'Drive Thru Vaksinasi COVID-19', kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc. Informasi Vaksinasi COVID-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.



Simak Video "Ini Dia Fitur Terbaru yang Bakal Diluncurkan Gojek di Awal 2021!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)