Setengah Penduduk Bumi Pengguna Internet, Hampir 7 Jam Seharinya

Setengah Penduduk Bumi Pengguna Internet, Hampir 7 Jam Seharinya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 08:31 WIB
Young wife in love is sitting at home and texting her husband on her smartphone. Beautiful woman is sending loving messages to her partner
Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz
Jakarta -

Tercatat saat ini lebih dari 4,5 miliar orang dari 7,75 miliar di dunia sekarang merupakan pengguna internet. Itu artinya, lebih dari setengah warga Bumi sudah mengakses dunia maya.

Begitu hasil riset Digital 2020 Global Overview Report oleh We Are Social yang bermitra dengan Hootsuite.

Bila dibandingkan Januari 2019, jumlah pengguna internet di seluruh dunia meningkat 7% atau setara dengan 298 juta pengguna baru. We Are Social juga menyebutkan peningkatan juga terjadi jumlah pengguna media sosial (medsos) yang kini menjadi 3,8 miliar pada Januari 2020, tumbuh 9% atau 321 juta pengguna baru sejak tahun sebelumnya.

Digital 2020 Global Overview ReportDigital 2020 Global Overview Report Foto: We Are Social

Kendati ada peningkatan jumlah pengguna internet dunia dan medsos, tapi rata-rata waktu yang yang dihabiskan untuk berselancar di dunia maya justru berkurang. Saat ini, orang-orang menghabiskan 6 jam dan 43 menit untuk online setiap hari, di mana itu kurang 3 menit dari waktu yang dihabiskan pada tahun lalu.

Di samping itu, We Are Social menganalisa bahwa pengguna internet ini masih setara dengan lebih dari 100 hari waktu terkoneksi per pengguna internet per tahunnya.

"Itu sama halnya kira-kira 8 jam sehari untuk tidur, berarti kita saat ini menghabiskan lebih dari 40% kehidupan untuk tetap terjaga untuk menggunakan internet," ujar We Are Social.

Digital 2020 Global Overview ReportDigital 2020 Global Overview Report Foto: We Are Social

Dari para pengguna internet dunia ini, 92% dari mereka terhubung melalui perangkat seluler, yang sayangnya ini lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Namun yang jadi catatan bahwa komputer terus memainkan peran penting dalam menghubungkan orang-orang ke internet.

Terlepas dari jaringan seluler yang membuka pintu orang-orang masuk ke dunia maya, faktanya seperti pada laporan ini bahwa tiga perempat pengguna internet berusia 16-64 tahun masih online lewat laptop dan komputer desktop.

Hal lainnya yang membuktikan bahwa manusia adalah makhluk sosial itu tercermin hampir separuh dari 3,7 jam dihabiskan menggunakan ponsel untuk mengakses medsos dan komunikasi.

Adapun Facebook masih merajai sebagai platform medsos yang paling banyak digunakan dengan sebanyak 2,4 miliar. Lalu, YouTube, WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, Instagram, hingga TikTok.

Digital 2020 Global Overview ReportDigital 2020 Global Overview Report Foto: We Are Social



Simak Video "Ajari Anak Cerdas Berinternet dan Berbagi di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)