Bill Gates Gandeng Orang Terkaya Dunia Lawan Krisis Iklim

Bill Gates Gandeng Orang Terkaya Dunia Lawan Krisis Iklim

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 23 Feb 2021 13:45 WIB
Bill Gates Tenis
Bill Gates Gandeng Orang Terkaya Dunia Lawan Krisis Iklim. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bill Gates mengajak sebanyak mungkin orang berpengaruh untuk melawan perubahan iklim. Dia ingin bekerja lebih dekat dengan CEO Amazon Jeff Bezos dalam memerangi krisis ini.

"Kematian akan meningkat seiring waktu karena kita akan mengalami lebih banyak gelombang panas, kebakaran hutan dan yang paling penting, kehilangan kemampuan untuk pergi ke luar rumah dan bertani di mana saja," kata Gates dalam wawancara dengan Emily Chang dari Bloomberg Television.

Dikatakan Gates seperti dikutip dari Seattle Times, Selasa (23/2/2021) tak seperti pandemi, sulit untuk membuat orang fokus pada bencana yang mungkin akan memakan waktu puluhan tahun lagi untuk mencegahnya.

"Ini adalah ujian kemanusiaan yang nyata untuk berinvestasi di muka untuk masalah yang datang kemudian," kata Gates.

Itulah bagian di mana salah satunya ia bekerja dengan Jeff Bezos. Sosok yang baru saja merebut kembali predikat orang terkaya dunia ini berjanji akan berbuat lebih banyak untuk memerangi perubahan iklim.

Karenanya, Gates berharap dia dapat berkolaborasi dengan Bezos untuk mendukung berbagai alternatif ramah lingkungan tahap awal yang masih mahal untuk teknologi saat ini. D

Dalam bukunya yang berjudul 'How to Avoid a Climate Disaster', Gates menggunakan konsep 'green premium', perbedaan harga antara teknologi tradisional penghasil karbon seperti mobil bertenaga gas dan alternatif hijaunya seperti mobil listrik.

Ketika harga teknologi baru tersebut terlalu tinggi untuk konsumen biasa atau pemerintah, orang seperti Gates dan Bezos dapat menggunakan modal mereka untuk memacu permintaan dan menurunkan harga ke tingkat yang sesuai untuk semua orang.

"Gagasan tentang bagaimana Anda menciptakan sisi permintaan untuk produk ramah lingkungan ini, bahkan pada tahap awal di mana 'green premium' hijau mereka sangat tinggi, itu adalah sesuatu yang saya sadari adalah salah satu bagian yang hilang," kata Gates.

"Kami ingin mengajak perusahaan dan pemerintah terlibat dalam hal itu, tetapi memiliki basis modal filantropi yang kuat untuk memulainya akan sangat fantastis," tutupnya.

Simak juga video 'Setelah Pandemi, Bill Gates Ramal Bencana di Masa Mendatang':

[Gambas:Video 20detik]



(rns/fay)