Surat Lamaran Pekerjaan Steve Jobs Dilelang Lagi

Surat Lamaran Pekerjaan Steve Jobs Dilelang Lagi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Feb 2021 07:25 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 11:  Apple CEO Steve Jobs delivers a keynote address at the 2005 Macworld Expo January 11, 2005 in San Francisco, California.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Steve Jobs. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan oleh pendiri Apple Steve Jobs kembali dilelang. Pada lelang sebelumnya, surat ini laku seharga USD 175 ribu atau sekitar Rp 2,4 miliar.

Kali ini surat tersebut dilelang oleh Charterfields, yang menyebut surat ini ditandatangani oleh Jobs pada 1973, alias sudah berumur empat dekade. Pada lelang sebelumnya di RR Auction, harga surat ini dibuka pada USD 50 ribu dan akhirnya laku dengan harga USD 175 ribu.

Tampak formulir yang warna kertasnya sudah memudar itu, tertera nama Steve Jobs yang beralamatkan di Reed Collage tengah melamar suatu pekerjaan pada tahun 1973. Tapi dalam dokumen tersebut, tidak ditulis posisi pekerjaan apa yang diincar oleh pendiri Apple ini.

Tak semua keterangan pribadi yang ditulis oleh Jobs dalam lamaran pekerjaan tersebut. Hanya informasi nama, alamat, tanggal lahir, keterangan memiliki SIM, akses transportasi, dan keahlian yang diungkapnya.

Dalam penjelasan tersebut Jobs menekankan pengalamannya di bidang komputer dan kalkulator. Juga keahlian khususnya di bidang teknologi elektronik dan engineer desain digital.

Surat ini dipercaya ditulis Jobs setelah ia drop out dari Reed College, Portland, Oregon, Amerika Serikat. Meski belum bisa dipastikan surat ini dikirimkan ke mana, banyak yang berpendapat kalau ini adalah surat lamaran Jobs ke Atari.

Steve JobsSurat lamaran Steve Jobs Foto: Dok. Charterfields

Jobs memang pernah bekerja di perusahaan game Atari sebagai teknisi, di mana ia bekerja bersama Steve Wozniak, dan keduanya kemudian mendirikan Apple pada 1976, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Senin (22/2/2021).

"Surat lamaran ini dalam kondisi sangat bagus dengan beberapa bagian yang kusut, sedikit pudar dan bekas selotip bening pada sudut atasnya. Disertai dengan surat dan sertifikat keaslian," tulis Charterfields dalam deskripsi lelang tersebut.

Lelang ini akan berlangsung sampai 24 Februari mendatang dengan harga pembuka 15 ribu poundsterling atau sekitar Rp 295 juta, jauh lebih rendah dari harga pembuka saat dilelang pada 2018.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)