Tips WFH Tetap Produktif ala Nakama Tokopedia

Tips WFH Tetap Produktif ala Nakama Tokopedia

Angga Laraspati - detikInet
Minggu, 14 Feb 2021 21:06 WIB
Ilustrasi WFH
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Beberapa perusahaan modern saat ini mulai menerapkan sistem Work From Home (WFH) untuk karyawannya. Namun bagaikan dua sisi koin, sistem ini bisa membuat seseorang produktif atau malah sebaliknya.

Nah, para pekerja di Tokopedia yang dinamakan Nakama berbagi tips nih agar pekerjaan selama di rumah tetap produktif tapi tetap santai. Berikut ini 5 tips dari Nakama Tokopedia yang dilansir dari website resmi Tokopedia.

Memulai Hari Sedini Mungkin

Jangan malas ya mentang-mentang bekerja dari rumah. Jadi tips yang pertama yang bisa dilakukan adalah tetap mengatur ritme bekerja seperti layaknya bekerja dari kantor. Bangun seperti biasa, mandi, kemudian sarapan. Setelahnya cari ruangan yang nyaman untuk bekerja.

Jadwalkan Check-In & Check-Out Pekerjaan Bersama Tim

Komunikasi, adalah kunci dalam penerapan sistem work from home. Duh, nggak kebayang kalau seandainya kurang komunikasi di antara tim atau antara karyawan dan atasan pastinya akan membuat pekerjaan kacau balau.

Untuk itu hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah memberlakukan sistem check-in dan check-out. Bisa dengan berdiskusi melalui group chat mengenai pekerjaan yang akan dilakukan di pagi hari dan kembali melaporkan pekerjaan yang sudah selesai di sore hari.

Buat Catatan Pekerjaan

Nah langkah selanjutnya adalah membuat catatan atau to-do-list soal pekerjaan yang harus diselesaikan saat itu juga atau pekerjaan yang akan datang. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mencatatnya di buku catatan maupun memakai aplikasi penunjang manajemen pekerjaan, seperti kalender atau reminder.

Batasi Media Sosial

Stop! Batasilah penggunaan media sosial yang berlebihan sebab hal ini mampu menjadi distraksi bagi ritme bekerja kita. Jadi cobalah untuk mengaktifkan mode silent saat jam kerja dan matikan semua notifikasi media sosial lainnya kecuali ada hal-hal penting.

Jangan Lupa Istirahat

Keasyikan bekerja dari rumah jangan sampai lupa istirahat ya. Cobalah untuk menetapkan waktu istirahat yang harus dipatuhi di jam-jam tertentu. Misalnya, pukul 12.00 - 13.00 untuk makan siang dan beristirahat selama 10 menit tiap selesai menyelesaikan satu pekerjaan.

Nah, itu dia beberapa tips produktif work from home dari para Nakama Tokopedia. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?



Simak Video "Dikabarkan Mau Merger, Ini Respons Gojek-Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)