Mark Zuckerberg Ingin Facebook 'Serang' Apple

Mark Zuckerberg Ingin Facebook 'Serang' Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 14 Feb 2021 14:35 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg Ingin Facebook Sakiti Apple Foto: shutterstock
Jakarta -

Perseteruan Facebook dan Apple terus memanas belakangan ini. Bahkan, berdasarkan laporan Wall Street Journal, CEO Facebook Mark Zuckerberg pernah berniat ingin 'menyakiti' Apple.

Komentar Zuckerberg ini dibuat setelah wawancara yang dilakukan CEO Apple Tim Cook pada tahun 2018. Saat ditanya tentang skandal Cambridge Analytica yang menimpa Facebook, Cook mengatakan Apple tidak akan mengalami kejadian serupa karena telah memiliki regulasi tentang privasi dan data pengguna.

Zuckerberg kemudian menyerang balik, dan menyebut komentar Cook menyesatkan dan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi secara pribadi, WSJ mengungkap bahwa Zuckerberg meminta timnya di Facebook untuk melukai Apple, seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu (14/2/2021).

Hubungan Facebook dan Apple belakangan ini makin memburuk karena Apple menerapkan kebijakan privasi terbaru di iOS 14. Kebijakan ini akan menyulitkan aplikasi seperti Facebook untuk melacak pengguna demi menargetkan iklan khusus untuk mereka.

Facebook berargumen kebijakan baru ini akan melukai bisnis kecil yang mengandalkan iklan yang dipersonalisasi untuk menggaet konsumen baru. Selain itu, pendapatan dari bisnis iklan Facebook juga akan terancam.

Pada Desember 2020, Facebook memasang iklan satu halaman penuh di beberapa media yang menyerang kebijakan privasi baru Apple. Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California ini juga dilaporkan akan meluncurkan gugatan antitrust melawan Apple.

Meski perseteruan keduanya makin memanas, juru bicara Facebook Dani Lever membantah jika serangan Facebook kepada Apple bersifat personal. Ia mengatakan Facebook hanya berusaha membela bisnis kecil dan developer yang dirugikan oleh kebijakan baru Apple.

"Ini bukan tentang dua perusahaan. ini tentang masa depan internet bebas," kata Lever kepada WSJ.

"Apple mengklaim ini menyangkut privasi, tapi ini tentang keuntungan, dan kami bergabung dengan pihak lain untuk menunjukkan preferensi diri dan perilaku anti persaingan mereka," sambungnya.

WSJ mencatat hubungan Facebook dan Apple tidak selalu diwarnai dengan kritik dan serangan. Bahkan pada tahun 2014, Cook pernah menyebut Facebook sebagai mitra untuk melawan ancaman kompetisi dari Android.

Sekarang, ketegangan antara Facebook dan Apple begitu kuat sampai-sampai penasihat yang bekerja untuk keduanya, termasuk firma hukum dan pelobi, semakin khawatir bahwa mereka tidak bisa bekerja untuk keduanya.



Simak Video "Apple Jadi Pesaing Terbesar Facebook, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)