China Giat Bangun Kota Futuristik Teknologi Tinggi

China Giat Bangun Kota Futuristik Teknologi Tinggi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 08:43 WIB
Chengdu Future Science and Technology City
Chengdu Future Science and Technology City. Foto: CNN
Jakarta -

China sedang giat membangun kota futuristik yang dibekali teknologi tinggi. Salah satunya adalah kota yang akan didirikan di dekat Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan.

Kota ini akan diisi oleh berbagai universitas, laboratorium dan perkantoran. Disebut sebagai Chengdu Future Science and Technology City, kota ini dibangun di daerah pedesaan dan dekat dengan bandara baru Tianfu International Airport.

Dirancang oleh Office for Metropolitan Architecture (OMA), desain kota itu menampakkan bangunan modern dengan nuansa hijau, mengikuti bentuk tanah seperti terasering. Wujudnya seperti berbukit-bukit.

Kota ini bebas dari mobil dan seluruh bangunan bisa diakses dengan mudah cukup berjalan kaki. Transportasi umum memakai kendaraan otonom yang akan mengantar ke seluruh sudut kota.

Chengdu Future Science and Technology CityChengdu Future Science and Technology City. Foto: CNN

Perancangnya menyebut kota futuristik ini terinspirasi oleh karakteristik lokal yang berbeda dari biasanya. "Masterplan di China biasanya berbasis infrastruktur dan kuantitas, topografi lokal kadang diabaikan. Hasilnya, masterplan di seluruh China terlihat sama saja," kata Van Duijn dari OMA.

Dikutip detikINET dari CNN, pemerintah China sedang giat membangun kota satelit baru. Kota besar seperti Beijing dan Shanghai makin padat sehingga perlu didirikan perkotaan anyar untuk menampung arus urbanisasi.

Pihak swasta seperti raksasa teknologi Tencent juga sedang membangun kota masa depan bernama Net City yang didesain sangat memprioritaskan pejalan kaki, ruang hijau dan kendaraan yang dapat berjalan secara otomatis.

Net City akan menempati tanah reklamasi di Shenzhen. Didesain untuk mengakomodasi populasi sampai 80 ribu orang, kota tersebut terutama akan menjadi pusat operasional bisnis Tencent yang didirikan Ma Huateng atau Pony Ma, salah satu orang terkaya China.

Selain sebagai kantor dan tempat tinggal pegawai Tencent, akan ada pula fasilitas sekolah, toko dan lainnya yang dapat dimanfaatkan publik. Kota futuristik Net City terkoneksi dengan kota Shenzen melalui jembatan, kapal feri dan sistem subway.



Simak Video "Ekonomi China Tahun 2020 Tumbuh 2,3% Meski Sempat Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)