Diblokir Kominfo, Situs Kembaran TikTok Cash Muncul

Diblokir Kominfo, Situs Kembaran TikTok Cash Muncul

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 14:27 WIB
TikTok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir situs TikTok Cash yang menawari uang ke pengguna yang menonton TikTok. Kini sudah muncul situs kembarannya.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan Kominfo memblokir situs tiktokecash.com. Alasannya adalah terjadi transaksi elektronik yang melanggar hukum.

"Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap situs tiktokecash.com. Media sosial TikTok Cash juga sedang dalam proses blokir," kata Dedy, Rabu (10/2/2021).

Saat dicek detikINET, situs tiktokecash.com masih bisa dibuka. Begitu dibuka, langsung ada layar pop up klarifikasi dari pihak TikTok Cash Asia Pasifik. Mereka mengklaim telah terjadi serangan atau berita palsu dari pesaing mereka.

Namun tidak hanya itu saja, rupanya sekarang sudah muncul situs kembaran TikTok Cash yaitu like-cash.com. Saat dibuka detikINET, situs ini sama persis dengan tiktokecash.com.

Tampaknya, like-cash.com adalah mirroring dari tiktokecash.com Kedua situs menampilkan pop up bantahan semua tudingan negatif.

"Pesaing yang tidak dikenal ini pertama-tama mencoba menyerang server platform kami, juga secara anonim melaporkan kami kepada pihak berwajib, dan menghabiskan dana untuk menyebar berita negative palsu tentang perusahaan kami di media arus utama di Indonesia," begitu klaim mereka.

Sebelumnya, banyak netizen mempertanyakan perihal TikTok Cash yang jenisnya mirip VTube. Modusnya adalah memberi uang dari menonton video TikTok, namun menawarkan membership.

TikTok Cash menawarkan paket keanggotaan mulai dari Rp 89.000 sampai Rp 15,999 juta. Pihak TikTok Indonesia, secara resmi menegaskan situs tersebut tidak berafiliasi dengan platform TikTok.

"Situs Web, mitra, dan aktivitas ini sama sekali tidak terafiliasi dengan TikTok," kata TikTok dalam akun Instagram mereka.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing mengatakan, TikTok Cash merupakan kegiatan yang tidak ada izinnya.

"Itu kegiatan TikTok Cash memang kegiatan yang tidak ada izinnya, jadi kami sudah melakukan analisis dan mungkin kita akan bahas Satgas Waspada Invetstasi karena itu seperti money game juga," katanya kepada detikcom.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)