Mengharukan, Suami Jumpa Mendiang Istri Pakai VR

Mengharukan, Suami Jumpa Mendiang Istri Pakai VR

Josina - detikInet
Selasa, 26 Jan 2021 09:35 WIB
Kim Jung Soo bertemu sang istri lewat VR
Kim Jung Soo 'bertemu' sang istri lewat VR. (Foto: MBC)
Jakarta -

Teknologi Virtual Reality (VR) mulai banyak dimanfaatkan di dunia game. Akan tetapi di luar itu, teknologi VR ini dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain seperti metode terapi kesehatan berikut.

Terapi dengan VR ini akan membantu orang-orang yang telah kehilangan orang dicintai untuk selamanya. Harapannya, penggunaan teknologi VR dapat membantu pasien yang ditinggalkan bisa lebih tenang dan dapat melanjutkan hidup kembali seperti semula.

Seperti dilansir detikINET dari Ubergizmo, Selasa (26/1/2021), dalam sebuah film dokumenter di MBC yang merupakan salah satu jaringan penyiaran utama di Korea Selatan, ditayangkan bagaimana penggunaan VR dapat membantu seorang suami sekali lagi bertemu istrinya yang sudah meninggal dunia.

Tak hanya bertemu secara virtual, sang suami juga dapat berinteraksi dengan berbicara kepada mendiang istrinya. Tentunya bukan hal yang nyata melainkan memakai teknologi VR untuk menciptakan sensasi bertemu dan berkomunikasi seperti sungguhan.

VR istriFoto: MBC

Dikisahkan bahwa pria yang bernama Kim Jung Soo dan berusia 51 tahun ini sangat berharap untuk bertemu istrinya lagi dan berkat Virtual Reality hal itu memungkinkan untuk diwujudkan.

Avatar mendiang istrinya lalu dibuat oleh MBC Design Center. Mereka mencoba menciptakan kembali gerakan dan juga suaranya semirip mungkin dengan sang almarhum istri, di mana mereka menemukan aktor yang suaranya terdengar paling mirip.

Tayangan inni menjadi film dokumenter yang cukup menyentuh dan juga menunjukkan bahwa Virtual Reality tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan sesnsasi dunia nyata di video game, akan tetapi juga dapat digunakan untuk tujuan terapi bagi mereka yang tengah berduka.

(jsn/fay)