SpaceX vs Blue Origin, Mana yang Lebih Canggih?

SpaceX vs Blue Origin, Mana yang Lebih Canggih?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 22:35 WIB
SpaceX vs Blue Origin, Mana yang Lebih Maju?
SpaceX vs Blue Origin. Foto: The Economic Times
Jakarta -

Elon Musk dan Jeff Bezos memiliki kesamaan ketertarikan pada bidang mobil otonom dan juga urusan ruang angkasa. Musk dengan SpaceX dan Bezos dengan Blue Origin. Tapi manakah yang lebih unggul antara keduanya?

Selain saling membalap posisi orang terkaya di dunia, seru juga untuk membahas komparasi antara perusahaan ruang angkasa milik keduanya. Ini dia pembahasan dikutip dari Analytics India Mag, Senin (25/1/2021).

1. Dalam pemberitaan

Sekitar 2019-2020, SpaceX sudah melakukan peluncuran sebanyak 21 kali yang mana mengambil porsi sekitar 20% dari 100 peluncuran yang dilakukan secara global. Elon Musk juga kerap vokal mengenai rencananya membangun koloni di Mars.

Namun bukan berarti Blue Origin tidak melakukan apa-apa. Blue Origin kini tengah berupaya untuk mengirim manusia ke ruang angkasa pada April 2021. Blue Origin juga bekerjasama dengan New Shepard untuk mewujudkan human tourism.


2. Uji coba dengan AI

Pada tahun 2018, SpaceX mengirimkan robot berbasis AI bernama CIMON, kependekan dari Crew Interactive Mobile Companion ke stasiun luar angkasa internasional. Itu dirancang untuk membantu astronaut melakukan pekerjaan mereka seperti eksperimen ilmiah. Ini menjadi teknologi AI pertama yang diluncurkan ke stasiun luar angkasa.

Tak hanya itu, roket Falcon 9 yang baru diluncurkan juga memanfaatkan kecerdasan buatan. Ia memiliki autopilot AI canggih yang mengarahkan Crew Dragon berbentuk kerucut. Setelah mencapai jarak 60 kaki dari stasiun luar angkasa, para astronaut kemudian melakukan manuver.

Bicara tentang Blue Origin, unit cloud perusahaan induk Bezos, Amazon, AWS baru-baru ini meluncurkan segmen bisnis luar angkasa baru yang disebut segmen bisnis Aerospace and Satellite Solutions. Dengan tujuan menghadirkan layanan AWS ke perusahaan luar angkasa dan industri satelit, ini diharapkan bisa membantu dalam operasi penerbangan luar angkasa.

3. Siapa yang menang?

SpaceX memiliki banyak gelar 'pertama' selama beroperasi. Misalnya, membangun dan mengirim roket berbahan bakar cair di orbit Bumi, mengembangkan peluncur kecil, berhasil meluncurkan, mengorbit dan memulihkan pesawat ruang angkasa, mengembangkan roket termurah, juga menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim manusia ke luar angkasa.

Blue Origin, sebaliknya, suka mengambil langkah-langkah kecil dalam satu waktu. Sejauh ini telah mengembangkan sistem kapsul suborbital, memperoleh teknologi roket yang dapat digunakan kembali dengan lepas landas dan pendaratan vertikal, membuat kendaraan peluncuran orbital dua tahap dengan New Glenn serta segera berupaya mengirim astronaut ke Bulan lagi.

Siapa yang menang? Keduanya keren sih dan memiliki keunggulan masing-masing. Kalau menurut kamu, mana yang jadi juaranya?



Simak Video "Reaksi Optimistis Elon Musk Meski Roket SpaceX Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)