Joe Biden Rebut Semua Akun Twitter Pemerintah AS dari Donald Trump

Joe Biden Rebut Semua Akun Twitter Pemerintah AS dari Donald Trump

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 22 Jan 2021 12:50 WIB
Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri
Presiden AS Joe Biden dan tim ambil alih semua akun Twitter pemerintahan AS dari pihak Trump (Foto: DW News)
Jakarta -

Setelah Joe Biden resmi menjadi Presiden AS, terjadi pengambilalihan semua akun pemerintah dari masa Trump. Inilah daftar akun yang diambil.

Amerika Serikat kini resmi memiliki Presiden, Ibu Negara, Wakil Presiden dan para pejabat baru di Gedung Putih. Mereka pun melakukan 'cuci gudang' terhadap akun-akun Twitter resmi terkait lembaga kepresidenan yang sebelumnya dikuasai Trump.

Dihimpun detikINET, Jumat (22/1/2021) inilah daftar akun Twitter pemimpin Amerika yang berubah kepemilikan:

1. @POTUS

President of The United States (POTUS) adalah nama resmi Presiden AS secara kelembagaan. Akun @POTUS kini dikuasai oleh Joe Biden dari sebelumnya oleh Trump.

Followernya direset oleh Twitter menjadi nol. Namun kini sudah ada 4,6 juta follower. Biden tetap punya akun resmi pribadi @JoeBiden. Dilihat detikINET, Jumat (22/1/2021) akun @JoeBiden kini lebih ke Biden dan keluarganya serta meretweet akun @POTUS.

Semua postingan Biden dalam kapasitasnya sebagai presiden, kini menggunakan @POTUS. Akun @POTUS langsung centang biru dan ditandai US Government Account. Ada satu cuitan yang di-pinned, berupa ajakan untuk bersatu.

2. @FLOTUS

First Lady of The United States (FLOTUS) juga nama resmi Ibu Negara AS secara kelembagaan. Akun @FLOTUS ini dialihkan dari Melania Trump ke Jill Biden. Setelah direset menjadi nol, followernya kini sudah naik menjadi 1,2 juta orang.

Jill Biden juga punya akun pribadi @DrBiden. Akun pribadinya lebih ke personal Jill Biden. Sedangkan terkait tugas sebagai Ibu Negara, memakai @FLOTUS dengan centang biru dan flag US government account. Hingga saat ini, tampak baru ada satu postingan di akun @FLOTUS.



3. @VP

Akun resmi Wapres AS yaitu @VP juga sudah beralih dari Mike Pence ke Kamala Harris. Sekarang namanya Vice President Kamala Harris dengan centang biru dan ditandai sebagai US government account. Namun tetap dengan alamat akun @VP.

Sebelumnya Kamala Harris sudah punya akun @SenKamalaHarris. Akun ini sekarang dilebur jadi @VP. Tweetnya langsung banyak karena migrasi dari akun sebelumnya. Sedangkan tweetnya sebagai Wapres adalah berikut ini:



4. @SecondGentleman

Karena pasangan Wapres adalah suaminya, namanya tentu bukan Second Lady, tapi Second Gentleman. @SecondGentleman menjadi akun resmi Douglas Emhoff sebagai suami Kamala Harris.

Akunnya centang biru, tapi tidak ditandai sebagai US government account. Dia sudah punya 942.700 follower. Tweetnya baru satu, memberi selamat untuk istrinya.

5. @WhiteHouse

@WhiteHouse adalah akun resmi Gedung Putih sebagai kantor dan istana kepresidenan AS. Akun ini juga beralih dari tim kepresidenan Donald Trump, ke orang-orang baru di bawah Joe Biden.

@WhiteHouse bercentang biru dan ditandai sebagai US government account. Followernya ada 3,1 juta orang. Postingannya langsung sibuk mengabarkan agenda presiden dan Gedung Putih. Tampaknya akun ini melanjutkan saja dari pengurusnya di zaman Trump ke pengurus di masa sekarang bersama Joe Biden.



6. @PressSec

Press Secretary adalah juru bicara kepresidenan. Sudah otomatis berganti pejabat karena Donald Trump lengser. Karena ganti pejabat, maka akun Twitter @PressSec juga berganti.

@PressSec kini menjadi milik Jen Psaki selaku Press Secretary yang baru di bawah pemerintahan Biden. Dia menggantikan Kayleigh McEnany dan Sarah Sanders yang merupakan Press Secretary di masa Trump.

Akunnya centang biru dan ditandai sebagai akun pemerintah AS. Followernya ada 430.300. Cuitannya baru ada satu.



Simak Video "Diskusi 'Dua Kekuatan Besar' AS-Rusia Dimulai"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)