Peluang Kerja di Era Society 5.0: Web Developer hingga Content Creator

Peluang Kerja di Era Society 5.0: Web Developer hingga Content Creator

Puti Yasmin - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 17:30 WIB
close up businessman typing on keyboard laptop at loft office for search data information and knowledge on web browser concept
Peluang Kerja di Era Society 5.0: Web Developer hingga Content Creator (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chainarong Prasertthai)
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merilis data peluang kerja di era Society 5.0. Ada apa saja?

Era Society 5.0 sendiri merupakan konsep yang disodorkan oleh Keidanren atau Federasi Bisnis Jepang. Konsep Society 5.0 pun telah diusulkan dalam 5th Science and Technology Basic Plan sebagai masyarakat masa depan yang harus dicita-citakan oleh Jepang.

Seperti yang dikutip dari situs Kantor Kabinet Jepang, cao.go.jp, era society 5.0 adalah masyarakat berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

Jadi tujuan dari hadirnya periode ini untuk mengintegrasi ruang maya dan ruang fisik sehingga semua hal menjadi mudah. Dengan begitu, prospek kerja akan semakin luas.

Peluang Kerja di Era Society 5.0:

  • 1. Web Developer

Ranah digital sudah tidak asing dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga Web Developer bisa menjadi peluang kerja di Era Society 5.0 yang dicari-cari banyak perusahaan.

Pekerjaan ini mengharuskan seseorang membuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Maka dari itu, mereka harus mempelajari front-end, back-end developer, HTML, hingga CSS.

  • 2. App Developer

App Developer diharuskan memiliki kemampuan algoritma dan logika pemrograman. Sebab, mereka harus menciptakan aplikasi terus menerus yang bisa menunjang kemudahan para konsumen di masing-masing smartphone.

  • 3. SEO Specialist

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google. Terutama bagi sebuah perusahaan yang memanfaatkan kanal digital harus memiliki seorang SEO Specialist sehingga website tersebut bisa berada di posisi teratas halaman Google.

  • 4. Content Creator

Sebagai content creator, seseorang harus memiliki soft skill, yakni berupa kreativitas dan inovasi dalam menciptakan sebuah konten yang menarik. Dengan begitu, warganet bisa terpengaruh untuk membeli dan menggunakan produk yang dipromosikan content creator.

  • 5. Social Media Specialist

Peluang kerja di era Society 5.0 yang terakhir adalah social media specialist. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan karena kehidupan sekarang tidak bisa bisa lepas dengan yang namanya media sosial.

Mereka yang mendalami pekerjaan ini akan bertanggung jawab atas konten yang diupdate di sosial media suatu produk. Selain itu, mereka akan menganalisa feedback dari warganet.

Detikers, siap-siap peluang kerja di era Society 5.0 ya!



Simak Video "4 Upaya Perbaikan Sistem Pendidikan RI yang Terus Diupayakan Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)