Marahnya Rakyat Indonesia Pada Youtuber Malaysia

Marahnya Rakyat Indonesia Pada Youtuber Malaysia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 28 Des 2020 12:35 WIB
Jakarta -

Aksi oknum Youtuber Malaysia membuat parodi lagu Indonesia Raya, menuai kecaman rakyat Indonesia. Kemarahan itu tumpah semua di Twitter.

#IndonesiaRaya menjadi puncak trending topic Twitter seperti terpantau pada Senin (28/12/2020) siang. Ada 395 ribu tweet dari netizen Indonesia menyerbu masalah penghinaan lagu kebangsaan ini.

Oknum netizen yang diduga berasal dari Malaysia yang memparodikan lagu itu, menuai kecaman keras. Di unggahannya yang kini sudah dihapus oleh YouTube, ia mengganti lirik Indonesia Raya dengan kalimat ejekan.

Kicauan netizen Indonesia mengatakan lelucon mengubah lagu kebangsaan sama sekali tidak lucu. Mereka meminta pihak Malaysia menghormati lagu kebangsaan dan tanah air Indonesia.

Rata-rata mereka memposting kolase gambar laman Youtube yang menampilkan postingan lagu hinaan tersebut dari akun YouTube My Asean. Meskipun saat ini ada lagi akun dengan nama My Asean yang merepost postingan tersebut dengan alasan bukti digital.

Kementerian Luar Negeri RI pun lewat juru bicaranya, Teuku Faizasyah, menyatakan bahwa kasus ini sudah diurus oleh Polisi Diraja Malaysia untuk mencari pelakunya. Pemerintah Malaysia, lewat Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia, mencermati kasus lagu Indonesia Raya yang dibuat parodi. Kedubes Malaysia memastikan pihak berwenang sedang menyelidiki masalah tersebut.

Inilah ekspresi kemarahan para netizen Indonesia di Twitter:

(fay/fyk)