Elon Musk Mau Jual Tesla ke Apple Tapi Ditolak

Elon Musk Mau Jual Tesla ke Apple Tapi Ditolak

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 23 Des 2020 10:42 WIB
CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla yang penuh dengan mobil baru.
Elon Musk Mau Jual Tesla ke Apple Tapi Ditolak. Foto: AP Photo/Ben Margot.
Jakarta -

Elon Musk mengonfirmasi rumor bahwa dia mencoba menjual Tesla ke Apple. Namun dikatakannya, CEO Apple Tim Cook bahkan tidak mengambil rapat terkait rencana penjualan Tesla tersebut.

Cook mungkin menyesalinya karena Musk mengatakan bersedia melepaskan Tesla dengan harga 1/10 dari nilainya saat ini. Ada banyak rumor tentang Tesla dan Apple selama bertahun-tahun. Sudah lama keduanya bersaing memperebutkan talenta-talenta terbaik, terlebih lagi sejak Apple meluncurkan bisnis sendiri di industri otomotif.

Hal itu menyebabkan komentarnya yang terkenal dengan menyebut Apple adalah kuburan Tesla karena pembesut iPhone tersebut sering mempekerjakan mantan karyawan di perusahaan Musk.

Pada 2013, seperti dikutip dari Electrek, Musk dilaporkan mempertimbangkan untuk menjual Tesla karena pembuat mobil itu mengalami kesulitan meningkatkan produksi Model S.Hal itu menyebabkan komentarnya yang terkenal dengan menyebut Apple adalah kuburan Tesla karena pembesut iPhone tersebut sering mempekerjakan mantan karyawan di perusahaan Musk.

Dalam biografi Elon Musk yang ditulis Ashlee Vance, terungkap bahwa Musk dan Head of Alphabet, induk perusahaan Google, sempat berupaya menjajaki kesepakatan untuk membeli Tesla, tetapi gagal.

Saat itu, ada juga rumor pertemuan Musk dengan Chief of Mergers and Acquisitions Apple Adrian Perica, karena ia kemungkinan harus mencari tahu tentang tawaran bersaing.

Tesla berhasil melewati masa-masa sulit, tetapi itu bukan satu-satunya masalah perusahaan. Musk juga baru-baru ini mengonfirmasi bahwa dia berupaya menghubungi Apple saat Tesla mengalami hari-hari terberatnya untuk menjual program Model 3.

"Selama hari-hari tersulit program Model 3, saya menghubungi Tim Cook untuk membahas kemungkinan Apple memperoleh Tesla 1/10 dari nilai kami saat ini. Dia menolak menghadiri pertemuan tersebut," kata Musk.

Adapun 1/10 dari nilai Tesla saat ini, kira-kira adalah USD 60 miliar atau sekitar Rp 851 triliun. Musk tidak mengonfirmasi kapan tepatnya peristiwa itu terjadi, tetapi dia sering mengatakan sesuatu yang disebutnya "neraka produksi" ketika meningkatkan produksi Model 3 pada 2017 hingga awal 2019.

Konfirmasi Musk tentang Apple ini muncul di tengah rumor yang sedang santer menyebutkan Apple akan meluncurkan mobil listrik otonomnya sendiri pada tahun 2024.



Simak Video "Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)