Dapat Kucuran Dana, Startup Tunas Farm Mau Bikin Hidroponik IoT

Dapat Kucuran Dana, Startup Tunas Farm Mau Bikin Hidroponik IoT

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 21 Des 2020 15:12 WIB
tunas farm
Dapat Kucuran Dana, Startup Tunas Farm Mau Bikin Hidroponik IoT. Foto: dok. Tunas Farm
Jakarta -

Startup agritech Tunas Farm baru mendapatkan kucuran dana segar. Dana tersebut akan digunakan untuk membuat sistem hidroponik canggih berbasis internet of things (IoT).

Pre-seed funding diamankan startup baru di bidang indoor vertical farming ini dari Gayo Capital. Alasan Gayo Capital melirik Tunas Farm adalah karena visinya untuk memajukan petani Indonesia agar beralih ke cara bercocok tanam yang lebih modern, yaitu menggunakan sistem hidroponik dan juga memanfaatkan IoT. Tunas Farm dilihat dapat memanifestasikan visi tersebut.

tunas farmFoto: dok. Tunas Farm

Tunas Farm sendiri resmi berdiri di pertengahan tahun 2020, dengan membuat fasilitas indoor vertical di daerah Tangerang. Ke depannya, Tunas Farm berencana untuk ekspansi ke daerah lain. Daerah di kawasan Gading Serpong dipilih sebagai area untuk membangun ruang produksi tanaman indoor farming.

"Kawasan tersebut dipilih karena banyaknya area perumahan serta cluster menjadikan Gading Serpong sangat potensial untuk mengembangkan konsep local grow dengan mendekatkan diri kepada masyarakat sekitar serta komunitas di area Tangerang," kata pendiri sekaligus CEO Tunas Farm Surya Prayoga, lewat keterangan resminya yang diterima detikINET, Senin (21/12/2020).

Disebutkan Surya, fasilitas yang dibangun, dibuat dengan standar Good Agriculture Process (GAP) serta menggunakan teknologi controlled environment untuk menghasilkan tanaman atau sayuran yang diklaim berkualitas baik.

tunas farmFoto: dok. Tunas Farm

"Tunas Farm menawarkan konsep Farm to Table, yaitu konsep yang memungkinkan konsumen dapat langsung menikmati sayuran yang baru saja dipetik," ujarnya.

Jadi, para pencinta sayuran tidak perlu menunggu lama atau pergi keluar rumah untuk mendapatkan sayuran yang bermutu. Tunas Farm memastikan sayuran yang diproduksi telah melalui tahap kebersihan dan kehigienisan serta kesehatan yang sudah sesuai dengan standar mulai dari penanaman, perawatan, panen hingga pengemasan.

Tak hanya berencana membangun fasilitas indoor vertical farming di area lain, ke depannya Tunas Farm juga ingin berkontribusi memberikan informasi dan pelatihan langsung tentang bagaimana cara bertani di rumah menggunakan sistem hidroponik.

"Ke depannya Tunas Farm akan mengeluarkan hidroponik kit dengan sistem IoT yang bisa digunakan dan dimiliki masyarakat untuk bertani hidroponik di rumah sendiri dengan mudah," pungkas Surya.



Simak Video "Seperti Start-Up, Deretan Drakor Ini Berkisah tentang Perjuangan Meraih Mimpi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)