Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Disambut Ragam Reaksi Netizen

Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Disambut Ragam Reaksi Netizen

Tim - detikInet
Senin, 07 Des 2020 10:41 WIB
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi Sinovac, China, tiba di tanah air untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut ke Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Disambut Beragam Reaksi Netizen. Foto: ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO
Jakarta -

Kedatangan vaksin Sinovac dari China disambut beragam reaksi netizen di Indonesia. Banyak yang penasaran, ada yang mendukung, sedangkan sebagian lainnya memilih berhati-hati.

Untuk diketahui, 1,7 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac buatan China telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) kemarin. Indonesia mengapresiasi pemerintah China yang telah bersedia bekerjasama dengan Indonesia dalam pengadaan vaksin ini.

Bahasan vaksin Sinovac pun langsung menjadi trending topic Twitter karena banyaknya reaksi dan cuitan terkait hal ini. Sejauh ini ada lebih dari 20 ribu tweet terkait vaksin Sinovac dan tentunya angka ini masih akan terus bertambah.

"Gak ada kabar bahagia lain selain kedatangan vaksin sinovac ke Indonesia. Segera #IndonesiaBebasCovid," cuit salah satu netizen.

"Sinovac for Corona. God Bless for The World," kata yang lain.

Pro kontra pun mewarnai timeline Twitter. Ada yang meragukan keampuhan vaksin ini dan ingin melihat dulu perkembangannya sebelum memutuskan divaksin.

"Gua ragu sama vaksin Sinovac," komentar netizen.

"Sekadar mengingatkan: hasil uji klinis fase 3 Sinovac belum ada, dan selama hasilnya belum ada, @BPOM_RI belum dapat mengevaluasi dan memberikan izin," sebut yang lain.

"Nunggu info IDI dulu soal vaksin ini. Walaupun dari beberapa sumber menyebutkan kalau Pfizer-biotech imune response diangka 95%. Lebih tinggi dari pada Sinovac. Di China hampir 200 juta orang pake-nya AstraZeneca, padahal Sinovac dari sana," netizen lainnya mengingatkan.

Sebelumnya, dalam konferensi persnya Kementerian Kesehatan memastikan distribusi vaksin akan sesuai prosedur distribusi obat pada umumnya. Dalam rangka menjaga kualitas, vaksin akan didistribusikan ke gudang vaksin dinas kesehatan setiap provinsi.

Vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Indonesia dengan diangkut pesawat Garuda, mendarat di Bandung, Minggu (6/12). Vaksin itu akan disimpan oleh PT Bio Farma dan akan diuji oleh BPOM dan MUI terlebih dahulu.



Simak Video "Pengumuman! BPOM Terbitkan EUA Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)