Korlantas Polri Modernisasi TI Demi Jaga Kepercayaan Masyarakat

Korlantas Polri Modernisasi TI Demi Jaga Kepercayaan Masyarakat

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 13:07 WIB
Pada Rapim Polri yang digelar di STIK dan PTIK, polri juga menggelar Pameran Pelayanan Publik Berbasis Teknologi dan Informasi.
Ilustrasi. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Tidak hanya perusahaan memodernisasi infrastruktur teknologi informasi (TI), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan hal yang sama. Upaya tersebut dilakukan demi menjaga kepercayaan masyarakat.

Demikian diungkap KaKorlantas Polri Irjen Istiono. Dia mengatakan bahwa modernisasi TI dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri sehingga daya dukung Kepolisian/Korlantas Polri kepada negara, pemerintah, dan masyarakat, makin meningkat.

Selain itu, dengan dilakukannya modernisasi TI, diharapkan kepercayaan masyarakat dan para pemangku kepentingan kepada Korlantas Polri dalam memberikan layanan dan menjalankan tugas-tugasnya dapat terjaga dan terus membaik.

"Oleh karenanya, saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi digital berkembang dan berubah sangat cepat. Dan tentu, modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujar Irjen Istiono.

KaKorlantas Polri Irjen  IstionoKaKorlantas Polri Irjen Istiono Foto: Istimewa

Korlantas Polri saat ini sedang mengembangkan Smart Management agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien. Sistem inputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety mulai satuan kerja Polres dan Polda terintegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data (baik manual maupun automatis).

"Smart Management di Korlantas merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online yang saling terhubung, berbasis kepada Back Office Application, yang juga memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) dan IT Network. Di sini semuanya saling bersinergi," jelas Brigjen Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Kamsel Korlantas Polri.

IT Road Safety Expo

Dalam waktu dekat Korlantas Polri akan menggelar IT Road Safety Expo 2020. Kegiatan ini bakal digelar di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta (24-26/11/2020).

Beragam acara bakal dihelat di IT Road Safety Expo 2020, seperti pameran virtual, seminar online terkait penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas). Sejumlah pakar akan menjadi pembicara, di antranya Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chryshnanda Dwilaksana yang akan membahas manajemen integrasi sistem TI Korlantas Polri, Kalamullah Ramli dari Universitas Indonesia sekaligus Dewan Pengawas IdPRO yang akan mengupas tentang Strategi Pengelolaan Big Data, serta Ketua Asosiasi Intelligence Transport System Indonesia Resdiansyah.

"Kita ingin menunjukkan bahwa TI merupakan suatu keniscayaan dan keharusan, untuk membangun dan mencapai tujuan dari Road Safety agar lalu lintas aman, selamat, tertib, lancar. Dengan hal tersebut, harapannya kita dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib. Selain itu, agar kita dapat memberikan pelayanan yang prima, yang dapat diakses dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, mudah diakses, dengan algoritma yang menghasilkan info grafis, stastistik dan virtual, sehingga dapat melakukan prediksi, antisipasi, dan solusi yang on time, real time, dan any time," jelas Chryshnanda.

Dalam ajang IT Road Safety Expo 2020, Kapolri Jenderal Idham Azis dijadwalkan untuk memberikan Keynote Speech. Selain itu digelar soft launching RasiRosa Korlantas (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award kepada Polda dan Polres/Polresta yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

Ketua Panitia Penyelenggara IT Road Safety Expo 2020 Kombes Arman Achdiat mengatakan kegiatan IT Road Safety Expo ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, komunitas otomotif, komunitas TI/digital, produsen kendaraan, dan peralatan keamanan berkendara atau semua pihak yang terkait dengan program Road Safety di Indonesia, melalui link zoom berikut ini, sementara virtual expo bisa diakses di sini.



Simak Video "Imbas Corona, Polri Hapus Denda Pajak Kendaraan Sampai Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)