Menang Perhargaan Dunia, Pakar RI Ini Cuma Minta Dibayar Pakai Doa

Menang Perhargaan Dunia, Pakar RI Ini Cuma Minta Dibayar Pakai Doa

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 20:49 WIB
Praktisi IT
Onno W. Purbo rela membagikan ilmunya secara gratis kepada masyarakat Indonesia dan negara lain di dunia. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Onno W Purbo pakar teknologi asal Indonesia, menang penghargaan internasional, Jonathan B Postel Service Award. Namun selama mengabdi ke masyarakat, ternyata ia tidak pernah minta bayaran, ia cuma minta 'dibayar' pakai doa sesudah salat.

"Onno kan nggak punya duit, ini cara Onno bergerak, anggarannya kecil," katanya kepada detikINET, Rabu (18/11/2020).

Ia pun menunjukkan channel YouTube 'Onno Center' miliknya yang berisikan beragam materi pembelajaran, sudah lebih dari 1.700 video ia unggah. Ia juga memiliki akun Twitter @onnowpurbo yang dia pergunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ingin belajar banyak hal darinya.

Onno W Purbo merupakan ilmuwan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro. Ia menyelesaikan pendidikan pasca sarjana di McMaster University, Kanada di bidang Semi Konduktor Laser. Ia mendapat gelar PhD dari Waterloo University, Kanada. Salah satu karya inovatifnya yang terkenal adalah Wajanbolic.

Dikenal sebagai 'Pembebas Internet Indonesia', selain YouTube dan Twitter, ada juga e-learning yang kerap bagikan secara gratis guna menyebarluaskan ilmu terkait internet. Ia mengatakan siapa saja bisa mengaksesnya ke situs lms.onnocenter.or.id.

Dr. Onno W Purbo, M. Eng. mantan dosen Institut Teknologi Bandung yang juga pakar teknologi informasi hadir dalam rapat perdana tim seleksi menteri dari detikcom. Onno menjadi salah satu anggota tim pakar seleksi menteri detikcom.Dr. Onno W Purbo, M. Eng. mantan dosen Institut Teknologi Bandung yang juga pakar teknologi informatika. Baru-baru ini ia mendapatkan penghargaan Jonathan B. Postel Service Award. (Foto: detikcom/Dikhy Sasra)

Seringkali orang menanyakan ia berapa kocek yang harus dirogoh ketika menuntut ilmu dengan materi yang ia sediakan. Jawabannya selalu sama dan sederhana.

"Bayarnya dengan doa setiap sesudah Anda salat. Kursus bisa didownload, nggak usah bayar apa-apa, dengan cara ini orang-orang bisa bikin internetnya sendiri," tandas Onno.



Simak Video "Lebih dari 196 Juta Rakyat Indonesia Jadi Pengguna Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)