Menghitung Penjemput Habib Rizieq Pakai MapChecking

Menghitung Penjemput Habib Rizieq Pakai MapChecking

Tim - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 11:19 WIB
Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab akhirnya tiba di Indonesia. Habib Rizieq langsung keluar dari Terminal 3 dan langsung berorasi.
Menghitung Penjemput Habib Rizieq Pakai MapChecking (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kepulangan Habib Rizieq disambut massa yang memenuhi Bandara Soekarno-Hatta. Berapa sih jumlah penjemputnya?

Jumlah mereka bisa dihitung dengan MapChecking. MapChecking adalah situs untuk menghitung estimasi kepadatan orang (crowd density estimation) di suatu tempat. Crowd density estimation dirumuskan dan dikembangkan oleh Prof Dr G Keith Still dan Manchester Metropolitan University Inggris.

Jumlah massa ditaksir dari kepadatan orang berdiri dalam 1 meter persegi. Nanti kepadatan/meter persegi dikalikan dengan luas area massa berkumpul. Prinsipnya sederhana, namun ilmiah.

Penerapannya bisa dicek dari mapchecking.com. Fiturnya mudah digunakan. Di sisi kiri ada peta dari Google Maps. Di sisi kanan ada kalkulator untuk menghitung massa.

Disclaimer: Uji perhitungan massa penjemput Habib Rizieq ini hanya mengukur area Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta saja. Hal ini merujuk pada video Twitter berikut. Area yang diukur yaitu dari pintu keluar sampai ke stasiun Skytrain Terminal 3.

Menghitung Massa Penjemput Habib Rizieq Pakai MapCheckingMenghitung Massa Penjemput Habib Rizieq Pakai MapChecking Foto: (MapChecking)

Dari situ diketahui area seluas 6.811 m2. Lalu dipilih skala kepadatan orang. Ada Light (0,3 orang/m2) dan Crowded (2 orang/m2) dan Packed (4 orang/m2). Dari video dan foto yang beredar, tampaknya masuk dalam kategori Crowded, atau 2 orang/m2.

Setelah dihitung, estimasi jumlah penjemput Habib Rizieq di area Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta adalah sekitar 13.621 orang. Sekali lagi ini adalah angka perkiraan dan tidak menghitung massa di luar area kedatangan bandara.

Saat ini, Habib Rizieq dan rombongan penjemputnya telah menuju ke markas FPI di Petamburan. Kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta pun berangsur-angsur turun kembali menuju normal.



Simak Video "Cerita Habib Rizieq soal Overstay dan Pemeriksaan oleh Intel Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)