Perilaku Pengunaan NFC di Indonesia Meningkat, Buat Apa?

d'Youthizen Virtual Class

Perilaku Pengunaan NFC di Indonesia Meningkat, Buat Apa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 16:56 WIB
vivo V20
Adaptasi NFC di masyarakat meningkat. Foto: 20detik
Jakarta -

Penggunaan NFC di Indonesia mengalami peningkatan. Product Manager vivo Indonesia Risa Rismayanti pun menjelaskan data-data yang ada mengenai fenomena tersebut.

Dalam kuliah online d'Youthizen Virtual Class bersama vivo V20, Risa menjadi dosen tamu yang menjelaskan soal menciptakan produk yang disukai konsumen, Dia mengatakan bahwa vivo sudah sejak lama mengamati pola masyarakat dengan teknologi NFC.

"Kenapa smartphone butuh NFC? Dilihat selama 8 tahun terakhir, volume adapsi yang pakai e-money card cukup positif, di tahun terakhir bahkan +85%, apalagi pemerintah sudah mencanangkan toll pakai e-money," ucap Risa kepada ratusan peserta online dari seluruh Indonesia, Sabtu (31/10/2020).

Dari data Bank Indonesia, dari survei kepada orang dengan rentang usia 18-25 tahun, 57% dari usia mempunyai e-money untuk digunakan dalam transaksi cashless. 62% mengaku e-money dijadikan sebagai pembayaran toll, 66% pembayaran transportasi umum, dan 30% untuk bayar parkir.

"Jadi vivo setiap meluncurkan produk ada background usage, kalau orang pakai e-money dan butuh top-up bisa jadi lebih efisien ketika ke smartphone. Kalau mau cek atau top-up tinggal tempel, nggak sampai lima menit sudah keisi," tutur Risa.

Seri-seri Vivo seperti V20 sendiri sudah memiliki fitur NFC untuk membantu consumer dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sesimpel untuk mengecek saldo atau topup e-money. Selain itu, ada juga fitur lain yang membuat vivo jadi sahabat baik untuk masyarakat.

"Kalau udah capek, ada fitur untuk mengingatkan stay hydrate. Ada juga kemampuan untuk menunjang self motivated dengan 8 GB RAM dan 128 GB ROM supaya bisa download music atau apps, ini juga bisa diekspansi. Kalau being mindful, bisa jadi kalau ada teman mesti topup di mini market atau di halte bisa bantuin isi topup-in," tandasnya.

Terima kasih kepada ribuan peserta yang telah mengikuti kelas pada hari kedua yang diisi oleh dosen tamu Product Manager Vivo Indonesia Risa Rismayanti, penyanyi Yura Yunita dan pro player Meutia Maharani. Pantau selalu sosmed @dyouthizen dan @detikcom untuk informasi d'Youthizen selanjutnya atau berita/dan informasi terkini.

d'Youthizen Virtual Class disponsori oleh vivo V20 | V20 SE. Smartphone dengan 44MP Eye Autofocus, 64MP Night Camera dan 33W FlashCharge. Kini vivo V20 | V20 SE dapat dibeli melalui layanan Whatsapp atau delivery service dari vivo Indonesia. Dan dapatkan juga promo menarik hanya di Toko Resmi vivo Indonesia melalui platform e-commerce. Cek info lebih lanjutnya di vivo.com/id sekarang.



Simak Video "vivo V20 SE, Jagoan Baru di Super Night Selfie"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)