Hari Ini Pengumuman CPNS 2019, Ini Cara Login di sscn.bkn.go.id

Hari Ini Pengumuman CPNS 2019, Ini Cara Login di sscn.bkn.go.id

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 10:43 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Ilustrasi seleksi CPNS (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Hari ini ditunggu banyak orang karena ada pengumuman seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Kamu bisa cek hasilnya di https://sscn.bkn.go.id.

Setiap tahun, tentu banyak fresh graduate yang akan melamar berbagai posisi di pemerintahan sebagai CPNS. Pengumuman pun akhirnya tiba hari ini, Jumat (30/10/2020).

Tentu banyak yang penasaran, bagaimana cara cek kelulusan CPNS 2019. Karena banyak yang melamar untuk formasi di pemerintahan daerah. Jadi, banyak yang mau tahu pengumuman CPNS kabupaten atau pengumuman CPNS pemkot.

Cara cek kelulusan CPNS 2019:

  1. Buka website https://sscn.bkn.go.id
  2. Login dengan NIK dan password kamu saat registrasi pertama kali
  3. Jika kamu lulus akan ada pengumuman LULUS atau tidak
  4. Jika lulus, ada ada dropdown list untuk mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH)
  5. Ada juga pilihan untuk mengundurkan diri, dan akan muncul kolom upload Surat Pengunduran Diri
  6. Lengkapi dokumen pemberkasan untuk pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Berkas itu meliputi pas foto formal berlatar merah, ijazah asli, transkrip asli, surat pernyataan 4 poin, SKCK, surat keterangan sehat, surat bebas narkoba, bukti pengalaman kerja
  7. Upload DRH dan dokumen pemberkasan

Setelah memastikan lulus dalam pengumuman CPNS 2019, kamu tidak serta merta langsung jadi CPNS. BKN akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Jika datanya valid, barulah dimulai proses penetapan NIP CPNS.

BKN akan menetapkan NIP CPNS 2019 secara elektronik (paperless) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) melalui https://docudigital.bkn.go.id.

Penandatanganan pertimbangan teknis (Pertek) penetapan NIP pun akan dilakukan secara digital (digital signature). Mekanisme pengusulan NIP dan lampiran dokumen pemberkasan dari peserta, sudah disampaikan kepada seluruh Instansi pembuka rekrutmen CPNS 2019 melalui Surat Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Nomor D 26-30/V 207-9/99 tanggal 23 Oktober 2020.



Simak Video "Formasi CPNS 2021 Prioritaskan Guru, Nakes, dan Tenaga Teknis"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)