Sumpah Pemuda 2020 Disambut Meriah di Jagat Maya

Sumpah Pemuda 2020 Disambut Meriah di Jagat Maya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 10:17 WIB
Museum Sumpah Pemuda menyimpan berbagai foto-foto dan benda-benda yang berhubugan dengan pergerakan nasional pemuda Indonesia.
Diorama Museum Sumpah Pemuda (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Masyarakat saling mengekspresikan antusiasme dan saling memberi semangat di Twitter.

Sejarah Sumpah Pemuda merupakan momen istimewa untuk anak bangsa. Makna Sumpah Pemuda adalah momen bersatunya masyarakat yang multi etnis, merengkuh identitas bersama sebagai bangsa Indonesia.

Para tokoh yang berperan dalam Kongres Pemuda II adalah: Soegondo Djojopoespito dari PPPI (ketua), Djoko Marsaid dari Jong Java (wakil ketua), Muhammad Jamin dari Jong Sumatranen Bond (Sekretaris), Amir Sjarifudin dari Jong Sumatranen Bond (bendahara), Djohan Mu Tjai dari Jong Islamieten Bond Kontjosoengkoeno dari PI, Senduk dari Jong Celebes, J Lemeina dari Jong Ambon, dan Rohyani dari Pemoeda Kaum Betawi.

Kongres Pemuda II makin istimewa dengan tampilnya WR Supratman yang kali pertama menampilkan lagu ciptaannya Indonesia Raya. Para panitia Kongres Pemuda II selanjutnya punya peran penting dalam merebut dan mempertahankan Indonesia.

Dari kongres itu, lahirlah ucapan Sumpah Pemuda berikut ini:

Pertama Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda inilah yang dikenang sampai sekarang. Bahkan, kita masih bisa melihat teks Sumpah Pemuda ini di Museum Sumpah Pemuda, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Tidak heran, Hari Sumpah Pemuda selalu disambut di media sosial. Seperti dipantau Rabu (28/10/2020) Selamat Hari Sumpah Pemuda menjadi trending topic di Twitter sepanjang pagi ini.

Netizen mengenang peristiwa bersejarah itu. Dari penyanyi Fiersa Besari sampai akun resmi Manchester United Indonesia, semuanya saling mengekspresikan semangat nasionalisme.

Inilah beberapa kicauan mereka di Twitter:



Simak Video "Rayakan Sumpah Pemuda dengan Tanam Terumbu"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)