Cari Judul Lagu di Google Kini Cukup Bersenandung

Cari Judul Lagu di Google Kini Cukup Bersenandung

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 17 Okt 2020 22:33 WIB
Google hum to search
Cari Judul Lagu di Google Kini Cukup dengan Bersenandung Foto: Google
Jakarta -

Google baru saja meluncurkan banyak fitur baru untuk mesin pencarinya. Salah satunya fitur 'hum to search' untuk mencari judul lagu hanya dengan bersenandung, bersiul atau menyanyi.

Fitur ini sudah tersedia di aplikasi Google untuk Android dan iOS atau di Google Assistant. Untuk mengaksesnya cukup tap ikon mikrofon di aplikasi Google atau panggil Assistant dan tanya 'what's this song' atau tap tombol 'search a song', seperti dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (17/10/2020).

Setelah itu dengungkan, siulkan atau nyanyikan lagu yang terus terngiang-ngiang di kepala kalian. Google kemudian akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan persentase kemiripan lagu.

[Gambas:Youtube]

Jika hasil pencarian diklik akan memberikan informasi lebih lanjut tentang penyanyi dan lagunya, serta video musik dan tautan untuk mendengarkan lagu tersebut di aplikasi streaming pilihan. Untuk penikmat lagu yang sering melupakan judul lagu tapi hanya ingat nadanya tentu fitur ini sangat berguna.

Fitur ini sekilas mirip seperti layanan yang ditawarkan Shazam yang memungkinkan pengguna untuk mencari judul lagu yang mereka lupa. Tapi fitur yang ditawarkan Google tidak mengharuskan pengguna untuk memutar lagu tersebut dan cukup disenandungkan.

Google mengatakan fitur ini bekerja dengan memanfaatkan model machine learning untuk mengubah audio menjadi sekuens berbasis nomor yang mewakili melodi lagu, yang kemudian digunakan untuk membandingkan lagu yang ada.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini mengatakan model ML ini dilatih menggunakan beberapa sumber termasuk suara manusia menyanyi, bersiul atau bersenandung, serta rekaman dari studio.

Kualitas suara dan instrumen juga dihiraukan sehingga hanya fokus ke sekuens itu saja. Karenanya, fitur 'hum to search' ini bisa digunakan oleh pengguna yang tidak mengenal nada, atau mereka yang memiliki pitch sempurna.

Fitur 'hum to search saat ini tersedia dalam bahasa Inggris di iOS dan dalam lebih dari 20 bahasa di Android. Google berencana menambahkan dukungan untuk lebih banyak bahasa di masa depan.



Simak Video "Google Akui Orang Indonesia Doyan Ngobrol dengan Asistennya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)