6 Aplikasi Penting Saat Ramai Demo Omnibus Law Cipta Kerja

6 Aplikasi Penting Saat Ramai Demo Omnibus Law Cipta Kerja

Tim - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 18:39 WIB
Bentrokan terjadi antara pengunjuk rasa dan kepolisian di Harmoni, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Aksi yang sebelumnya damai tersebut lantas berujung bentrok.
6 Aplikasi Penting Saat Ramai Demo Omnibus Law Cipta Kerja (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Hari ini banyak mahasiswa dan masyarakat sipil lain unjuk rasa terkait Omnibus Law Cipta Kerja. Pastikan Anda semua sudah punya 5 aplikasi penting di smartphone ini untuk petunjuk dan informasi.

Dihimpun detikINET, Kamis (8/10/2020) berikut 6 aplikasi penting di smartphone kamu untuk membantu keamanan kamu di tengah ramainya aksi unjuk rasa:

1. Google Maps

Aplikasi Google Maps akan terpakai banget untuk kamu menentukan jalan menuju lokasi aksi, janjian bertemu dengan massa aksi lain atau mencari titik keberangkatan untuk long march.

Gmaps juga bakal terpakai banget setelah aksi unjuk rasa selesai dan Anda mencari rute untuk pulang ke rumah. Titik kemacetan di sekitar lokasi aksi, terpantau mudah di sini.

Google Maps juga akan membantu untuk kamu yang tidak ikut dengan aksi massa dan justru menghindari massa aksi, mencari rute pergi atau pulang yang aman dari kemacetan akibat unjuk rasa.

2. Waze

Aplikasi Waze akan sangat membantu Anda untuk memberikan informasi penting ada apa di jalanan, apalagi saat ada unjuk rasa Omnibus Law. Bagaimana kondisi lalu lintas dan ada peristiwa penting apa di jalan raya, semua terpantau dengan mudah di sini.

Informasi real time dari para netizen akan sangat berguna untuk Anda memantau situasi saat menuju, berada dan kembali dari lokasi Anda. Kamu bisa menghindari rute-rute yang terhalang demo supaya perjalanan tetap lancar.

3. Twitter

Inilah aplikasi penting untuk memantau apakah isu-isu yang disuarakan bergema di Indonesia atau tidak. Informasi tersebut bisa berguna untuk memantau perkembangan terkini.

Selain itu, ada beberapa akun yang bermanfaat karena mengabarkan perkembangan paling mutakhir dari aksi dan juga jalur transportasi. Sebut saja akun TMC Polda Metro, info KRL, Trans Jakarta, atau situs-situs berita dan lainnya.