Kemarin Ramai Gedung DPR Dijual, Hari Ini Situs dpr.go.id Diretas

Kemarin Ramai Gedung DPR Dijual, Hari Ini Situs dpr.go.id Diretas

Puti Yasmin - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 14:30 WIB
Screenshot Gedung DPR RI Dijual di Akun Belanja Online
Foto: Screenshot Gedung DPR RI Dijual di Akun Belanja Online
Jakarta -

Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR tengah menjadi sorotan. Setelah kemarin sempat muncul tawaran penjualan gedung DPR lewat situs jual beli online, hari ini giliran situs web dpr.go.id mengalami peretasan.

Berdasarkan penelusuran detikcom, gedung DPR kemarin dijual dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 99 ribu saja. Adapun, tertulis juga keterangan terkait gedung dan isinya. "GEDUNG 80% MASIH BAGUS MINUS ISINYA SUDAH BOBROK," tulis akun yang menawarkan dalam keterangan produknya.

Sementara itu hari ini, Kamis (8/10/2020) netizen kembali dibuat terkejut dengan situs DPR di alamat www.dpr.go.id yang diretas dan kemudian diubah tampilannya oleh hacker. Sebelumnya diketahui pada Rabu (7/10) situs tersebut dilaporkan error atau tidak dapat diakses.

Dalam video yang beredar di sosial media pengguna TikTok menyebarkan video yang menampilkan gambar situs dpr.go.id yang bisa diakses. Hanya saja, situs tersebut bertuliskan 'DEWAN PENGHIANAT RAKYAT REPUBLIK INDONESIA" bukan "Dewan Perwakilan Rakyat".

Hal ini pun menjadi pembicaraan netizen di sosial media. Mereka menduga semua yang dilakukan adalah ulah hacker. Namun, saat ini situs www.dpr.go.id telah bisa diakses secara normal.

Situs DPR dihackKemarin Ramai Gedung DPR Dijual, Hari Ini Situs dpr.go.id Diretas Foto: Screenshot/TikTok

Sementara itu, aksi peretasan situs web dpr.go.id ini diduga bagian dari protes publik khususnya buruh terkait pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja dalam rapat paripurna DPR pada Senin (5/10) kemarin.

Publik menilai DPR terlalu terburu-buru mengesahkan aturan tersebut, padahal ada banyak pasal yang kontroversial.



Simak Video "Nikita Mirzani Ancang-ancang Nyalon Anggota DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/fay)